Kamis, 01 Desember 2011

Super Hero Indonesia Generasi Baru

Kita sedikit flashback ke masa lalu ah.

Masih inget sama om kita yang satu ini -->


Atau kalo engga, pasti hapal deh sama tante yang di bawah nih. Ya minimal pernah pake kaos yang ada gambar dianya deh (aaah, ketauan!!! jangan buka kartu dong!!!).


Deuh... Kalo yang lebih mudaan dua itu aja gahapal, apalagi yang satu ini coba??? Udah diabaikan beribu-ribu kali atuh ini mah. Secara, so last year banget kakek yang satu ini tuh (¬_¬")



Yaudah deh, wajar kalo udah pada gainget sama om, tante, abang, bahkan kakek-nenek superhero asli negeri kita tercinta, Indonesiaaa!!! Indonesia... dug dug dug dug... *suara balon tepok* [meratapi timnas selection yang kalah 0-1 dari Om Bekam, eh? Beckham cs.]

What?! Indonesia punya superhero?! Sejak kapan?!

Yaelah, kemana aja pada gatau kalo Indonesia kita ini punya superhero [juga]. Walopun ga seterkenal Superman, Spiderman, Green Lantern, Wonder Woman, dkk., tapi seengganya superhero Indonesia semisal Gundala Putra Petir, Saras 008, Panji Manusia Millenium, Caroq, Godam, Aquanus, Rio Penyelamat Bumi, dll., sempet ngeramein layar kaca Indonesia jaman jebot. Ehm, ralat maksudnya jaman dahulu [lebih halus kedengerannya]. Tapi tapi tapiiii, belakangan kan muka-muka mereka ini udah gakeliatan nongol lagi ya? Kemanakah gerangan? Apakah mereka punya kontrak baru di negara lain? Terlanjur tua? Dipecat dari asosiasi superhero se-dunia? Banti stir jadi wirausaha? Atau mungkin Indonesianya udah aman? Jadi superhero kita gadibutuhin lagi... Hihihiii, khusus yg terakhir bener-bener gamungkin itu. -____-"

Ya, emang sih sekarang-sekarang wajah-wajah heroik khas pribumi yang waktu kecil saya kagumi (kalo sekarang malah jadi ilfeel, sumpah) udah menghilang dari peredaran. Aksi-aksi super mereka udah digantiin sama sinetron-sinetron yang nampilin laki-laki nunggang elang raksasa yang saban siang dipantengin sama tetengga sebelah rumah, kalo engga ya gantinya FTV-FTV yang kualitasnya lebih baik pengusung kearifan lokal mejeng tiap jam.

Eits, stop!!!
Tapi bukan berarti karena kita gasuka nonton lagi Gundala cs., superhero Indonesia punah gitu? Engga. Beberapa tahun ke belakang, superhero Indonesia genrasi baru mulai bermunculan lagi. Mereka mesti merintis karir lagi dari 0 supaya bisa dapet chemistry sama penikmat tontonan superhero Indonesia. Ya gitu, mulai dari jalan Indie akhirnya dunia per-superhero-an Indonesia perlahan bangkiut kembali :D

Yuk, kita kenalan sama abang-abang superhero generasi baru rasa asli Indonesia :) Kekuatan + keistimewaannya beneran gakalah sama superhero luar negeri loh.

Cekidot!!!

POCONGMAN
Superhero asli Jogja, hasil karya Nawa Rie Eda (Ade Irawan S.Sn) dari JToku Indonesia ini udah mulai menarik audience sejak 2008 lalu. Sempet ikut salah satu acara anugerah film indie, tapi kalah gara-gara si pembuat film ganyertain sinopsis film ini.
Ceritanya nih, Pocongman ini asalanya manusia biasa yang dapet kekuatan hasil rekayasa energi hantu a.k.a Ektoplasma. Secara penampilannya pocongman ini ya berbentuk pocong (bukan @poconggg !!!), tapi bedanya kaki sama tangannya gadiiket kayak pocong pada umumnya. Penampakannya udah super keren, bisa diadu deh sama Cicakman-nya Malaysia :D


LIGHTNING ELECTRICAL CYBORG (LEC)
Karya berikutnya dari bang Nawa Rie Eda (Ade Irawan, S.Sn). Nama superhero utamanya lucu, GUNTURBOT, spesies robot dari manusia kutukan yang diispirasi oleh cerita Malin Kundang. Gunturbot ini, ceritanya mau ngebatuin tanah leluhurnya (bumi) waktu ada serangan dari makhluk asing sebagai tanda bakti/minta maaf atas kelakuan pendahulu mereka yang dikutuk itu.

Gunturbot (warna biru) di L.E.C

KSATRIA BAJA AMMAR
Agak lucu juga kalo tau singkatan dari Ammar itu ternyata AyaMM bakAR -___-" Ceritanya soal seorang pengantar catering ayam bakar madu di Jogjakarta. Selain pengantar catering, 'Rama' (sosok asli Ammar) ini ternyata ilmuwan. Suatu ketika dia keinfeksi sama hasil penelitiannya sendiri, virus H5NX, yang akhirnya bikin dia jadi Kesatria Baja Ammar. Punya musuh namanya Dark Ammar.
Kesatria Baja Ammar

SPHERES
Sebenernya ini tuh tugas akhir salah satu mahasiswa buat skripsinya. Jadi deh tokoh superhero Spheres Unleashed yang kata saya mah konsepnya mirip banget sama Kamen Rider (tapi KW-2). Ceritanya agak aneh kata saya mah. Masa tokoh-tokoh utamanya ini berantem cuma gara-gara rebutan cewe -___-" Ckckckck... Tapi lumayan lah, daripada lumanyun... Hhihihiii :p

Salah satu tokohnya mirip sama Dodhy 'Kangen Band' loh...


WAYANGYBLIZ
Ini nih superhero Indonesia generasi baru yang Indonesia banget. Ngambil tokoh dari pewayangan Indonesia, "Wayangybliz : The Legend of Akalpa" lahir mendobrak serbuan superhero-superhero luar negeri. Enjoy :)




Keren-keren ya? Iya lah, Indonesia gitu :D
Ya walopun secara penampilan masih nyontek-nyontek dari luaran, tapi jujur ya bangga loh. Kemonotonan superhero-superhero Indonesia jaman dulu bisa diganti sama invasi baru yang tetep berasa Indonesia. Hheheheeee :)


Segitu aja, ah. Udah kepanjangan nih. Ntar malah pegel bacanya.


Stay Calm, and Keep Smile (o^_^o)/


(beberapa kata diambil dari sini, sama dari sini. kalo video diambil dari sini)

31 komentar:

  1. wkwkw saras 008 yg ane masih inget bgt :D

    BalasHapus
  2. yang gue tau cuman panji manusia millenium ama saras 008. selain itu ga tau lagi (-__-") eh tapi ada "milkyman" juga yang maen bareng saras 008 (masih inget banget gue) yang kalo mau berubah jadi superhero dia musti minum susu dancow dulu #apabanget

    BalasHapus
  3. kreatif kawan.. trus buat yang seperti ini....
    lanjutkan Blogger Dreamer

    BalasHapus
  4. Hahahaha... lucu juga yah Kamen Rider Ammar... tapi daripada singkatan Ayam Bakar... kok saya merasa lebih masuk akal kalo Ammar itu sebetulnya cuma nama Rama dibaca dari belakang... cuma ditambar "m" lagi buat menyamarkan identitas asli si Kamen Rider...

    By the way sayang banget yah, isi ceritanya masih pada parodi... Ngga ada yg bener2 serius kayak punyanya Amrik sono...

    *mulai ngayal, seandainya Gundala beneran dibikin live actionnya*

    BalasHapus
  5. @Herlus Fadhil :. suka pake kaos gambar saras jg ya? :p hhahaaa :D

    @beby :. Kita2 emg hidup dijamanan mereka b'3 ya :D #eh? Masih inget sama "ini dulu baru itu" dong? hahahaa :D

    @HADHARA RIZKA :. Terima Kasiiih :D Mampir lagi yaaaa :3

    @Glen Tripollo :. saya jg ngakak aja waktu tau itu singkatan dri AyaMM bakAR, malah tadinya ada karakter namanya AMBUSH (AyaM reBUSH)

    iya, ini msh sifatnya indie :D

    dulu kan ada loh film "orang"nya, googling aja. katanya jg bakal ada Gundala Reborn loh. tapi gatau kapan.

    BalasHapus
  6. sebagai penikmat tontonan super heros, saya tertawa senyum2 aja liat tokoh2 super hero di indonesia. bisa gak ya ikut nuntasin koruptor? masa musuhnya ecek2 gituh

    BalasHapus
  7. wajar aja, mas @rusydi hikmawan...
    masih tahap belajar ya, org2 film Indonesia-nya :D heheheeee...

    BalasHapus
  8. aku inget banget dulu punya baju panji yang ada sayapnya di belakang. kembaran sama adik. hahaha

    BalasHapus
  9. @Risah Icha Az-zahra :. Waduh??? cewe2 koq bajunya panji sih, Ka? Hahahahahaaa :D

    BalasHapus
  10. ngakak liad Panji :)))))))))))))

    ada postingan baru tuh di Blog Ca Ya :D

    BalasHapus
  11. Iya, panji manusia milenium sama saras 008, aku inget banget film itu, pas aku masih kecil. Hehehe

    BalasHapus
  12. @Ca Ya :. ahahaaays. fans berat jaman dulu ya ??? :p

    udah diliat, nice post :D

    @sHe_fHa :. ahahahaaaa :D nostalgia jaman jebot :D

    BalasHapus
  13. denny manusia ikan ! haha XD itu bukan superhiro ya --"

    BalasHapus
  14. @Fitri Listyarini :. ahahaaaaa :D bisa juga tuh...
    Ngomong2, Deni Manusia Ikan yg mana sih? #amnesia

    BalasHapus
  15. yang di majalah bobo jaman dulu . terus di filmin juga kaya nya haha :D bener gak yaa ? --" *ikutamnesia

    BalasHapus
  16. @Fitri Listyarini :. Hah? Bukannya itu mah Si Unyil ya? -,-a

    BalasHapus
  17. Yang paling inget ya si Mbak Saras 008
    eh itu ada juga si buta dari gua hantu, terus siapa itu, yang 212 itu lho.
    Pokoknya itu dah hehhe

    BalasHapus
  18. huahaahahaha sumpah kocak banget liat superhero indonesia,
    nice post bos,
    mohon kunjungan balik, sekalian mempererat silaturahmi antar blogger
    salam blogger 
    http://saiko-ink.com/category/blog

    BalasHapus
  19. @Nur Muchamad super heronya :D
    hahahaha~ kok kayak gak keren ya? :p

    ---------------------
    bwt, ini PR yang kujanjikan
    http://nurmayantizain.blogspot.com/2011/12/tulisan-berantai-11-11-11.html
    *dikerjakan yaaa

    BalasHapus
  20. hwakakakak :D
    POCONGMAN!!! kreatif euy yg buat :D

    BalasHapus
  21. Emang dulu sempat jadi tren kok. Aku inget, waktu kecil aku jg punya baju saras 008.hehehe

    BalasHapus
  22. @FridiGraph :. Hahahahaaaa, suka superhero rasa lokal jg t'nyata :p

    @SaikoInk :. Hheheheee, made in Indonesia, masbro :D
    Sipsipsip...

    BalasHapus
  23. @Nurmayanti Zain :. Horeeee!!! Saya jdi superheronya \(^o^)/

    Heumpt... Ditunggu aja ya, Ka... Ini anak didikmu yg msh newbie, jadi mungkin agak lama ngerjainnya :p

    BalasHapus
  24. @Ardhito Dharma :. Setuju, kreatif banget ^^d

    @sHe_fHa :. Wah, jadi buka2 kartu eh :p
    *ngebayangin kamu pose kyk Saras sambil ngeong*

    BalasHapus
  25. Panji mileniummm seru,,,
    Saras kosong kosong delapan,,, :D

    seru eum inget masa kecil..

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. hhh...
    panji dan saras....
    panji kalau berubah.. "INI DULU! BARU ITU!" smbil minum susu ..
    kalau saras.. biasa PUTAR-PUTAR bikin pusing kepala...
    PHP aja... gue yg ngikutin jadi pusing 7 keliling..

    oh ya kalau ngak salah kedua film ini dirilis tahun 2001...
    KALAU NGAK SALAH...!!!

    BalasHapus