Kamis, 01 September 2011

Ini Lebaranku. Bagaimana Lebaranmu?



-----Flashback ke maleman lebaran-----


Tuiiiing!!! Ctar!!! Tas!!! Buuum!!! Kresss!!!
Tuiiiiiing!!! Pyar!!! Prang!!! Bluur!!!
Lempaaaaaar!!! Tutup hiduuuung!!! Eh, salah... Tutup telingaaaaaaa!!!
BOOOOOMMMM!!!






Lapor, sasaran utama telah dilumpuhkan... Satu unit petengan yang tengah mengudara berhasil dibakar dengan tingkat kematangan sempurna oleh peluru petasan kendali yang ditembakkan oleh Pesawat Boeing 737 yang dikemudikan oleh Letnan (udara) Akbar "Abay" Fauzi... Laporan selesai... Brrrrrrttt!!! *ceritanya suara khas Handy Talky

Wah, gila pisan ya... Pertempuran yang alot nih... Pasukan kita cuma bersenjatakan peluru-peluru petasan yang berukuran kecil, sementara musih bersenjatakan lengkap dengan pesawat petengan model terbaru plus radar lampu kelap-kelip super canggih... Tapi dengan kepercayaan diri, semangat '45, tekad, nekad, dan sedikit nyali buat nyalain sumbu petasan, pasukan musuh berhasil ditumpas... Huuuft, cape juga ya... -___-"

"Woi!!! Nyeungeut beleconna ulah tarik-tarik!!! Ieu jalma ek sare!!! (Woi!!! Nyalain petasannya jangan keras-keras!!! Ini orang mau tidur!!!)" kata sebuah suara dari kejauhan...

Eh, udahan ah maen perang-perangannya... Lemes nih, seharian puasa (alibi karena jatah puasanya ditambahin satu hari lagi sama pemerintah)... Lagian ini petasannya juga udah abis semua, terus itu tetangga udah pada ngomel... Heuheuheu... -____-a Besok kan lebaran, jadi mesti hemat tenaga juga buat besok shalat ied :D Hheheheee...

-----Balik lagi ke hari ini-----

Eh eh eh... Gimana nih lebarannya??? Pada udah semua kan kemaren??? Tenang, lebarannya ga diundur lagi koq... Jadi, sejadi-jadinya... Awas aja kalo ga jadi lagi mah!!! *siapin golok Ya, walopun sempet terjadi ketegangan (apaan noh yang tegang) dalam hal nentuin kapan hari raya Idul Fitri di Indonesia, tapi akhirnya kita semua pada lebarannan juga kan :D Hhahahahaaaa... Hayoooo... Siapa nih yang puasanya pas Ramadhan kemaren poool selama sebulan, ngacung!!! *hening* Beuh, kagak ada yang ngerespon sih... Woi, bangun woooi!!! Heuuuuh... Udah lebaran, tapi tidurnya masih ada aja (ya iyalah, namanya orang butuh tidur)... Kemaren pas maleman lebarannya sih, maenan petasan sampe jam berapa coba??? Nah, sekarangnya pas idul fitri jadinya tidur mulu kan?! *nasehatin diri sendiri
 Mendingan juga kita pada takbiran yu... Ramein mesjid... Ramein hari lebaran  :D

اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرْ اللهُ اَكْبَرْ وَِللهِ الحَمْدُ

"Allah Maha Besar  Allah Maha Besar Allah Maha Besar. Tiada Tuhan selain Allah, dan Allah Maha Besar. Allah Maha Besar dan bagi Allah segala pujian."

Oiya, sebelum lupa nih saya mau ngucapin "Met Idul Fitri 1432 H. Maaf lahir bathin ya :D" Hhahahaaaa... Cieeeeh yang udah lebarannan... Bagi ketupat sayurnya dong, walopun udah ada yang basi... Hheuheuheu :o
Di atas saya udah kasih mukaddimah perang petasan 'ala keluarga saya di maleman lebaran, udah tradisi :D Ya emang sih ini bukan salah satu tradisi yang patut ditiru, bahaya mameeeen... Pada liat di TiVi kan, banyak yang jadi korban petasan sampe-sampe ada yang meninggal... Jadi, don't try yang kami lakukan di manapun anda berada... Bahaya!!!

Ngomong-ngomong soal tradisi lebaran, tiap daerah pasti punya kebiasaannya masing-masing... Tapi sebenernya mah da sama-sama aja intinya mah, menyemarakkan hari nan fitri ini *cieeeh, bahasanya Salah satunya ya kayak yang keluarga saya lakuin pas maleman lebaran, maen petasan... Hhahahahaaaa... Di daerah lain jug ada koq, malah lebih gede-gedean lagi... Ada juga yang pas malem lebarannya ngadain pawai, arak-arakan sambil ngumandangin takbir ngagungin asma Allah :D Hmmm... Selalu rindu sama suasana-suasana kayak gin euy... Serasa pengen terus kayak gitu... Heuheuheu... :3

Lebaran, kalo dalam filosofi orang Jawa (saya juga keturunan Jawa-Sunda) ngandung 4 artian lain... Empat artian (tindakan) ini disimbolin sama yang namanya "ketupat" yang dalam bahasa Jawa disebut "Kupat" yang katanya karonim dari "Laku Papat" (4 tindakan)... Apa aja sih 4 tindakan yang dimaksudin sebagai filosofi Lebaran 'ala wong Jowo???

Ketupat Lebaran

Yang pertama, Lebaran... Lebaran itu asalnya dari kata lebar yang artinya selesai... Maksudnya, lebaran itu sebagai tanda selesainya kita ngejalanin ibadah puasa selama 1 bulan penuh... Yang kedua, Luberan... Artinya melimpah... Ini sebagai simbol dari ibadah zakat yang kita laksanain pas bulan Ramadhan... Simbol ngasihin sebagian harta kita ke orang-orang yang emang berhak nerimanya... Yang ketiga, Leburan... Maksudnya melebur dosa... Dosa sama Allah, plus dosa sesama manusia... Tindakan ini diwujudin sama acara maaf-maafan yang jadi tradisi wajib pas lebaran... Silaturahim, masbro-mbabro... Nah kalo yang terakhir, yang keempat, Laburan... Labur itu artinya kapur... Maksudnya momentum lebaran ini kita jadiin sebagai cara kita buat nyuciin diri kita lagi, lahir dan bathin... (diubah-ubah sedikit dari sini)

Wuih... ternyata lebaran itu gacuma sekadar pake baju baru, makan ketupat, atau sejenisnya, tapi lebih dari itu ya... Tradisi-tradisinya juga sarat sama makna... Gacuma dilaksanain gitu aja, tapi ada pesan-pesan tersirat yang bisa kita ambil dari tradisi-tradisi lebaran di daerah kita :D

Ganti topik dikit ah... Yah, lebaran kemaren emang cukup berkesan nih sodara-sodara buat saya... Walopun kesannya ketangkep biasa-biasa aja, tapi lumayan deh... :3 Pas kemaren saya berhasil ngeabadiin momen-momen indah dari mulai pasca shalat Ied sampe ke acara silaturahim sesama keluarga... Cekidot!!!

Sebelum nyekar, mari kita narsis terlebih dahulu... Hhahaha :D

Kuburan udah lebih rame daripada pasar -_-"

Dimanapun tempatnya, Maaf-maafan mah jalan terus... ^^d

Ini adek saya yang lagi narsis di deket mobil orang... --"

Selesai nyekar, time to ngumpul-ngumpul bareng keluarga... Eh, itu castangle jangan diabisin!!!

Yuk, godain si kecil Cha-cha :p

Hhahahaaaaa... Naris pas lebaran itu gaada yang larang kan??? Jadi sebanyak mungkin abadiin momen-momen indah itu, gacuma pas lebaran... Hhahahahahaaaa...

Udahan dulu ya, mau foto-foto lagi nih ceritanya... Thanks before and after... Selamat idul fitri, dan selamat liburan :D

Stay calm, and Keep Smile, eperibodih :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar