Selasa, 02 Agustus 2011

Syndrome

Tidaaaaaaaaaaak!!! Saya penyakitan!!!

Eits, ntar dulu... Ini mah penyakit tapi bukan sembarang penyakit... Bukan AIDS, Flu Burung, apalagi SARS... Saya kan orang istimewa, jadi penyakitnya juga istimewa dong... Hhahahaaa... Apaan??? Diare??? Bukaaaaaaan!!!

Penyakit yang saya maksud ini bukan penyakit yang ada di manusia-manusia pada umumnya (sebenernya sih di tiap orang juga bisa ada sih)... Penyakit-penyakit ini saya sebut sebagai "Sindroma" atau bahasa Pangeran William-nya mah "Syndrome"... Nahlho??? Serem amat, kayaknya berat banget ya... Hhahaaaaa :D Kidding kali... Kalo dibilang, ini sebenernya gejala-gejala sosial biasa yang bisa terjadi di siapa aja... Tapi, saya lebih nyorotin yang terjadi di diri saya... Nah, supaya rada unik saya kasih nama deh itu penyakit satu-satu... Kalo boleh jujur, saya ngasih namanya ngikutin trend Syndrome Twenty di bulu tangkis... Hahahaaaaa... Gapapa deuh, plagiat-plagiat dikit mah... Dikit doang ini, gabanyak-banyak...

Apa aja sindroma-sindroma itu??? Nih, saya paparin dikit...

Trapani Syndrome 
Tau Trapani kan? Kota Pantai yang view-nya keren abis, yang letaknya di Pulau Sicillia, Italia... Saking kerennya kota pantai yang satu ini, banyak pelancong-pelancong luar negeri yang rela-relain ngerogoh kocek dalem-dalem plus berperjalanan super jauh buat nyambangin si cantik, Trapani... Pengen banget deh kesana... Liat sunset di Laut Mediterania, wuiiiih... Ajiiiib... :3
Oiya, sampe lupa... Selain sebagai nama Kota Pantai yang super cantik di Italia... Trapani juga merupakan salah satu nama anggota dari Laskar Pelangi (sobat-sobatnya Andrea Hirata)... Kayaknya yang namanya Trapani itu emang ditakdirin buat punya pesona lebih ya... Trapani yang sobatnya Andrea juga kan terkenal gara-gara dia itu paling ganteng, keren... Sekeren Kota Trapani... Pesona Trapani, mau orang mau temapat, sama-sama bikin yang lain kesengsem setengah hidup :p



Nah, sekarang kita sambungin deh antara Kota Trapani di Italia, Trapani anggota Laskar Pelangi, sama Trapani Syndrome 'ala Nur Muchamad :D
Trapani Syndrome ini bukan penyakit kegantengan ya... Mentang-mentang semua yang namanya Trapani itu keren-keren... Bukan...
Trapani Syndrome ini adalah gejala ketergantungan berlebih terhadap orangtua... Iya, sindroma ini diambil dari sifat Trapani-nya Andrea Hirata yang emang bergantung banget sama orangtuanya, utamanya ibu... Sebenernya saya udah mulai nemuin sindroma ini di diri saya sewaktu saya masih SD, tepatnya pas kelas 6 mau ke SMP tuh... Waktu itu, bapak saya nyuruh saya buat masuk ke salah satu SMP yang bentuknya itu kayak pesantren gitu, kurikulumnya Islam Terpadu... Padahal saya udah bisa masuk sana, full beasiswa 6 tahun bahkan sampe PT, tapi sayang banget saya malah milih ngundurin diri... Gatau juga ya, saya kayak ngerasain sesuatu yang ngeganjel... Saya gapengen ninggalin orangtua saya... Huhuhuuuuu T.T
Dan sindroma ini terus berlanjut sampe saya sekarang kuliah... Gada keputusan yang pure sayaambil buat sesuatu... Pasti ada aja peran orangtua saya disitu... Heran saya juga...
Ya intinya mah, Trapani Syndrome ini sindroma atau gejala ketergantungan berlebih terhadap orangtua...

Abstract Syndrome
Prilaku-prilaku gajelas yang terkadang saya tunjukkin sebenernya merupakan gejala dari Abstract Syndrome... Sindroma ini mulai nempel di saya selepas masuk SMA... Gatau juga pokoknya sindroma ini gejalanya bisa diliat secara kasat mata... Kelakuannya aneh, gajelas, so'so caper, kalo ngomong cuma dia sendiri yang ngerti, jayus (bukan Jayus Tambunan)... Pokoknya gitulah... Tapi satu hal, gara-gara Abstract Syndrome ini saya bisa sedikit dikenal di lingkungan... Ya, gara-gara keGJan a.k.a keanehan itu...

Poem Syndrome
Kalo kalian itu tipikal orang yang so'so romantis, hati-hati loh... Itu yang saya sebut sebagai Poem Syndrome... Gejala ini terdeteksi pas dulu saya ikutan lomba puisi di SD... Disitu kan semua peserta disuruh bikin puisinya masing-masing, termasuk saya yang dulu masih kelas 4 kalo gasalah mah... Saya nyobain buat bikin puisi sendiri, tapi hasilnya saya kena ketawaan kakak saya yang notabene penyair super sukses (buat dirinya sendiri)... Saya bukan bikin puisi, tapi prosa... Karangan, masbro... Ckckckck... Dari situ, saya mulai jadi doyan sama yang namanya ngebikin bahasa romantis lewat puisi... Dulu itu saya siapin (lebih tepatnya ngambil) buku kuning bekas tetangga yang emang masih banyak kosongnya buat nulisin puisi-puisi saya... Hhahhaaaa... Gamodal banget deh... Tapi gapapa lah, yang penting bisa nulis... Nah, dari situ, saya mulai nemuin sedikit bakat saya di bidang tulis menulis, utamanya puisi... Kakak saya jelas jadi panutan saat itu...
Sayang seribu sayang, pas sekitaran SMP kelas 9 saya mulai berpikir buat ninggalin dunia tulis menulis... Padahal, sejak kelas 7 SMP, saya udah berniat bikin yang lebih keren lagi, cerpen bahkan novel... Inspirasinya, dari buku Trio Ucul dan Nyonya Pink Ting-nya Tria Ayu Kusumawardhani, hadiah dari sohib dalit saya waktu itu pas ultah ke-13... Kenapa pas kelas 9 saya mikir buat ganerusin ambisi lebay saya itu??? Satu hal yang emang saya pahamin... Setiap puisi, atau cerpen yang saya ciptain, semuanya kadang cuma dingertiin ma saya sendiri... Maksud saya gini, tapi ditafsirin beda sama yang lain... Selain itu, saya selalu nambahin idiom-idiom, ataupun bahasa-bahasa asing di tiap karya saya... Tambah gangerti pan? Hhahahaaa :D
Tapi akhirnya, pas kelas 12 SMA, bakat nulis saya terpaksa mesti dikeluarin lagi... Satu puisi, yang judulnya "Aku Hanya Seekor Katak" jadi pangkal hidupnya gairah nulis saya... Setelah itu, 3 cerpen rampung (walopun sekarang naskahnya udah ilang), dan yang paling keren, 3 naskah drama bikinan saya sukses dipentasin di 3 mata pelajaran berbeda... Lebih-lebih, satu naskah drama sampe dipinjem adik saya buat dipentasin di sekolahnya... Dan akhirnya, saya bisa deh sekarang-sekarang nih ngembangin bakat nulis saya... Puisi, Cerpen, sampe insya allah novel... Poem Syndrome ini ternyata ada bagusnya juga :9 Hhahahahaaaa :D

Over Valued Syndrome
Sindroma yang engga banget...Saya paling gamau terjangkit sindroma yang satu ini... Over Valued Syndrome, atau saya lebih sering sebut sebagai OV Syndrome... Sindroma kepercayaan diri yang berlebihan... Emang sih PD itu baik, tapi kalo berlebihan mah yang sama aja gabaik dong... Orang yang kena OV Syndrome ini ngerasa kalo dia yang "paling" dibandingin yang lain... Biasanya nyerang cowo... Yang paling kentara dari sindroma ini tuh kalo di cowo, dia bakal ngerasa kalo setiap cewe itu naksir dia... Huaaaaaaaaaaahhh... Tidaaaaaaaaaak... So, dari situ saya kagak mau kejangkit ini sindroma... Walopun pas awal-awal sering banget nih nempel gakaruan di diri saya... Warning banget...

Repeat Words Syndrome
Atau saya sebut RWS... Sindroma ini udah saya deteksi dari mulai pas hari ke-3 MOS waktu SMP... Salah satu guru waktu itu nyebutin kalimat yang di dalem kalimat itu ngandung beberapa kata yang penggunaannya diulang-ulang sampe beberapa kali... RWS ini akhirnya ditegasin sama Dosen ITB yang waktu itu jadi mentor saya pas Olimpiade... Lagi-lagi, kalimatnya ngandung beberapa kata-kata yang sama... Dah akhirnya, ketularan juga deh... Tapi enak juga loh... Semasa kelas 9 SMP, saya malah bikin jadi semacem permainan sama salah satu temen saya(sampe SMA juga masih dimaenin)... Emang agak aneh dan bukannya nyenengin, tapi bikin bingung yang maeninnya... Jadi kalo udah mulai, cuma saya ma temen saya yang satu itu yang anteng maenan gaje ini... Hhahaaa... Biarin dah yang laen pada bingung mah...

Unknown Syndrome
Belum dapet nama yang tepat buat sindroma ini... Gejalanya, super maksa!!! Gamau kalah... Intinya, maksa!!!

Sebenernya masih banyak sindroma-sindroma laen yang emang belum saya deteksi (lupa sebenernya mah)... Sementara segitu dulu deh... Sindroma-sindroma ini gaselamanya ngerugiin koq, kadang juga baik punya salah satu sindroma itu... Hhahahaaaa... Nah, kalo yang jeleknya mah bisa dibuang aja...

Okeh, tengkyu peri mach...
Stay calm, and Keep Smile (^^.)/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar