Sabtu, 13 Agustus 2011

Seseorang Berinisial "M"

Jama'aaaaah.... Oooooooh... Jama'aaaaaaah....
Alhamdu... Lillaaaah...


Eits... Sorry salah pake style...
Ketauan dah kalo saya nih fans berat Ustadz Maulana yang lagi banyak dibicarain gara-gara gaya ceramahnya yang nyentrik itu... Ya gitu lah, belakangan ini Pa'ustadz yang biasanya tiap pagi nongol di Trans TV ini lagi terkenal-terkenalnya... Maklum lah, sekarang kan bulan Ramadhan... Banyak orang yang tobat, dan akhirnya mengalihkan tontonan mereka dari acara-acara berbau syur n' gossip-gossipan ke acara ceramah-ceramah yang bertebaran saban waktu (secara, ini bulan mulia masbro-mbabro, acara gossip mah gabakalan laku)... Hhahahaaaa... Kasian banget ya... tapi biasanya mah ini cuma euforia sesaat... Ntar abis lebaran mah teuteup stay tuned ke acara semula berlabel "D" di pojok kanan bawah... Dan kayaknya mah saya engga... Yaaaaaaaaa, gabeda jauh maksudnya... Hhahaaaags... -___________-"

Udahlah, gausah munafik... Emang rata-rata orang Indonesia yang Islam-nya masih di KTP doang (termasuk saya) punya kebiasaan taunan yang sama tiap Ramadhan dateng, tobat... Tapi beberapa hari lepas Ramadhan (malah mungkin beberapa detik), ya Back to the Past... Maksiat jalan lagi dah... Hhahaaha :D Tapi semoga tahun ini mah gagitu ya... Saya do'ain buat semuanya juga biar segala ibadah kita di bulan ramadhan ini diterima, trus bisa diterusin di 11 bulan laennya... Amin, amin, amin, amin ya robbal 'alamiiiin...

Oiya, ngomong-ngomong soal Ramadhan nih, saya jadi keingetan sama memori Ramadhan pas saya kecil... Kalo gasalah mah pas saya kelas 4 SD apa ya? Lupa lupa lupa euy... Hhahahaha... Intinya mah pas saya SD aja...

Tau ga? Waktu itu tuh ada kejadian yang bener-bener bikin saya trauma berkepanjangan (gapanjang-panjang amat sih)... Kalo mau dibilang malu-maluin, engga juga sih... Ngocol, iya tapi dikit... Aduh, gimana ya? Ya gitu lah... Nih saya ceritain...

Alkisah, di malam entah tanggal bulan tahun berapa, yang pastinya di bulan Ramadhan... Selepas sahur, eh buka puasa ada beberapa ekor anak kecil yang sedang sibuk melangkahkan kaki-kaki mereka ke sebuah tempat... Tempat ini begitu sunyi senyap ketika hari-hari biasa, tetapi kini tak ubahnya seperti arena pasar malam dadakan selama sebulan penuh... Tidak ada plang nama pasti tempat ini... Tetapi orang-orang yang kerap mengunjungi atau tinggal di sekitar tempat ini mengenalnya sebagai Mesjid Al-Barokah alias Mesjid Kahutanan (mesjid ini dibangun di areal kantor Perhutani)...

Singkat cerita (kalo kata Bu'Nanih mah bukan mempersingkat, tapi mengefektifkan), anak-anak kecil yang ternyata kakak beradik itu sampai di tempat tujuan mereka... Dan benar saja, padahal baru sekitaran jam setengah 7 tapi jama'ah shalat taraweh malam itu bener-bener banyak... Tu alesannya? Hhiihhiiihhiii... Kalo denger, pasti bakal ketawa guling-guling di tanah (saya aja kalo nginget-nginget suka kadang-kadang ketawa sendiri)... Gimana coba jawaban makmum pas Bilal ngucapin Ashsholatu sunnatat tarawihi rok'ataini jama'atar rohimakulullah shollu 'ala nabii muhammad ? Ya emang sih di tiap tempat beda-beda... Yang paling umum di tempat saya sih (di beda masjid) ada dua... Yang satu, ini yang paling umum yaitu Mustofa 'alaika ya Rasulullah... Nah kalo yang kedua ini dipopulerin sama bapak saya ('ala Cirebonan gitu loh) pas bapak saya jadi DKM di mesjid Al-Hikmah, yaitu Lailaha illallah, Muhammadu rasulullah Sholallahu alaihi wasallam... Nah kalo di Mesjid Kahutanan mah pakenya yang pertama (sampe sekarang, tapi saya masih belum ngeuh sama kalimat yang benernya)... Ada satu istilah unik nih di Kahutanan, kalimat jawaban tadi diplesetin super ngaco sama beberapa orang... Nahlho? Iya, kalimat sebagus itu malah seenaknya aja diubah jadi Mustofa 'ala wedang di kahutanan. Ngaco banget pan? Tapi ini bukan tanpa alesan loh... Jadi gini, di Kahutanan ini ada sebuah tradisi yang dipelopori sama Pa'Danru (saya gatau nama aslinya) yaitu tiap habis taraweh tiap jama'ah bakal dikasih bingkisan atau lebih tepatnya kudapan/snack yang dalam bahasa Sunda disebut wedang. Ya, kebanyakan orang yang taraweh di Kahutanan a.k.a Masjid Al-Barokah ini ngarepinnya bukan di kekhusyukan ibadah, tapi justru ngincer wedang ini... Lumayan buat ganjel perut selepas taraweh... Gajarang, Bilal belom selesai nuntun jama'ah buat niat puasa, tapi jama'ah udah berpindah ke pintu keluar... Baris kayak bebek-bebek yang nunggu dikasih makan, mantengin Mang'engkot yang siap-siap buka kardus berisi full bukusan mini berhadiah... Saya juga gamau kalah dong ya... Hhahahahaha *devillaugh*

Sekarang masuk dah ke salah satu pengalaman saya, sebenernya mah gada hubungannya sama tradisi unik 'ala Masjid Kahutanan ini... Tapi yang bikin nyambungnya, kejadian yang saya alamin ini terjadi tepat di shaf ke-3 Masjid Kahutanan ini...

Malem itu, ya biasa lah dingin, gelap (terang deng, ada lampu soalnya)... Saya ma kakak sayaudah niatin diri buat shalat Taraweh di Masjid Kahutanan... tujuan utamanya, ya apa lagi kalo bukan nyari makanan... hhahahahaha... Dasar anak kecil yo... :p Gapapa lah... Hmmm... Pas dateng ke mesjid, saya mah udah gakaget kalo seluruh shaf keiisi full sama jama'ah bahkan sampe ke serambi mesjid... Nah, kebetulan gara-gara saya ma kakak saya datengnya agak pagi-an (eh udah malem kan) ya lumayan dapet tempat di dalem mesjid tapi di shaf paling akhir, masbro... hhuhuhuuu... T_T Tapi ya no problemo lah, supaya bisa lebih cepet ngerebut tempat ngambil makanan juga... 3:)

Di dalem mesjid, ternyata saya ketemu sama temen-temen SD saya... Tau sendiri gimana kalo yang namanya anak kecil ketemu ma temen, beuh... Ribut mah so pasti... Kalo diliat-liat mah jadi lebih mirip acara reuni daripada shalat berjama'ah...

Sekitara jam 7an, Bilal alias Mu'adzin ngumandangin adzan... Artinya, waktu Isya udah nyampe... Suguhan makanan pun semakin dekat ke tangan (mikirnya tuh makanan aja)... Temen saya tadi (namanya Opik, sama satu lagi temen saya lupa siapa) duduk tepat di depan shaf saya, jadi agak susah kalo ngobrol... So, saya maju dah duduknya di antara mereka b'2 pas di tengah-tengah nyempil-nyempil kayak upil...

Shalat isya pun akhirnya lewat, tanpa halangan, padahal kita b'3 noh pas shalat tuh bukannya khusyk malah becandaan mulu coba... Senggol-senggolan, cubit-cubittan, cekikikan, saling klitik kaki, sampe gangguin tetangga sebelah pas lagi sujud... Nakalnyo ni anak-anak bagong... -_______-"

Tragedi dimulai pas shalat taraweh.... Kayaknya sih orang yang tepat ada di belakang saya udah ngerasa keganggu banget sama ulah kita b'3... Sebut aja dia Mr. M (singkatan dari Mardi, ups...)... Pas shalat taraweh udah ngelewatin beberapa roka'at, tepatnya setelah salam, Mr. M ini langsung ngedaratin polesannya di atas kepala 3 anak tanpa dosa (padahal dosa banget tuh gangguin orang)... Secepat kilat, Mang'Engkot yang ada di sisi berlainan dari Mr. M ngangkat badan saya yang super ceking itu... Saya yang semula di shaf 3, sekarang terdampar di shaf belakang. Alamak, macam mana pula ini? Nah, kejadian yang malu-maluinnya tuh di bagian ini... Pas dijitak sama Mr. M sih saya biasa aja, tapi pas berdiri mau lanjut tarawehnya, saya nangis... Beuh... Ya kakak saya yang jadinya heboh, dia nyuruh saya duduk lagi... Kan emang malu-maluin pan? Huh! Dasar anak kecil (niru gaya salah satu merk susu formula)... Tapi saya agak sedikit kehibur pas pulang taraweh, masih bisa kebagian jatah makan dari Mang'Engkot... Hheheheee... Dijitak ya gapapa, yang penting dapet makanan...

Selepas kejadian itu, saya jadi trauma kalo ketemu atau kebetulan papasan sama Mr. M... Sumpah dah... Kira-kira bisa diulang lagi ga ya? Biar saya gausah ke depan ke depan segala dan gaperlu dapet jitakan super dramatis dari Mr. M, tetangga saya itu... Huhuhuhuuuu...

Kalo sekarang-sekarang sih saya gabegitu trauma lagi... Hheheheheee... Malahan, tau ga? Mr. M ini sempet jadi pengawas saya pas Ujian Nasional SMA tempo hari... Bikin nervous aja tuh bapak guru yang satu itu... Bukannya ngawas yang bener ya, malah ngajakin saya ngobrol lagi... Beuh, saya belum selesai ngerjain soalnya bapaaaaaaak... -______-"

Wuh... Itu sih jaman dulu banget kalo bicara soal trauma di Masjid Kahutanan mah... Mr. M yang menyebalkan... Hhahahaaaaapish ah ^^v

Oiya, sekadar info aja nih... Tradisi bagi-bagi makanan selepas taraweh yang biasanya mayeng saban Ramadhan beberapa tahun ke belakang akhirnya diilangin... Bukan apa-apa, yang punya modal (Pa'Danru) udah dipindah tugasin, jadi ya Sayonara Wedang-ku... Hhahahaaaa :D

Itu tuh sekelumit kisah miris, dramatis, tapi bisa bikin orang-orang ketawa sampe nangis 'ala saya dan Mr. M... Beneran, gabakal kelupain dah... Secara, unik getooooooo... :p



Pesan : "Hati-hati dengan yang berinisial M, mereka rata-rata suka bikin masalah"

Hahahahaha... Damai masbro-mbabro, kidding doang ^^v

Sekian aja deh cerita kali ini, semoga bisa mengambil hikmah dari kejadian memalukan dan memilikan yang saya alamin ini...

Stay calm, and Keep Smile :D

2 komentar:

  1. 'Pesan : "Hati-hati dengan yang berinisial M, mereka rata-rata suka bikin masalah"'
    Nur (¬_¬")
    Monicha Silviana depannya M lho ya (¬_¬")

    BalasHapus
  2. Ahahahaaaa :D
    Kalo gitu kamu mesti ganti nama eh :p

    BalasHapus