Jumat, 19 Agustus 2011

Sepotong Episode [Surau Hijau]

Bismillahirrahmanirrahiim . . .
Roditu billahi robba . . . Wa bil islaami diina . . . Wa bi Muhammadin nabiya wa rasula . . . Robbi jidni ilman, warzukni fahman . . .

Tau ga itu bacaaan atau do'a apa???
What?! Pelet buat dapetin cewe??? Bukaaaaaaaaaan!!!
Hah?! Do'a masuk WC?! Ini lagi tambah ngaco, ah... Gada jawaban yang laen apa??? Heuheu... Keciri nih nilai agamanya waktu SD dapetnya ceuli monyet (telinga monyet, alias angka 3) semua... Hhahahahaaaa... :D 

 
Liat dong saya (keliatan ga sih? --a), nilai ulangan agama saya dari SD sampe sekarang kuliah gapernah tuh di bawah 6 (eh, pas kuliah mah cuma dapet 3,5 deng. Berarti di bwah 6 ya? Hmmm --a)...
Beneran nih gatau itu do'a atau bacaan apa??? Taluk??? Keluarin bendera putihnya dong kalo udah nyerah mah :p Hhihihiii...


Dasar kalian nih pengetahuan agamanya abal-abal (kayak yg sendirinya bener aja deh)... Nih, ta' kasih tau ya kalo itu tulisan yang di atas yang saya pajang di Mukaddimah postingan ini tuh Do'a Sebelum Belajar, masbro-mbabro... Ckckckck... Deuh, akhi-ukhti ini gimana sih??? Pas mau belajarnya gasuka do'a ya??? Jangan-jangan bukannya do'a , tapi malah sibuk ngapalin jadwal tayang The Little Marmaid di TV (acara TV tahun kapan itu ya? So last year, maseee)...


Oiya, jadi kapohoan nih mau cerita sesuatu tuh... Ini ada hubungannya sama tuh do'a di atas... Ini cerita lanjutan yang saya janjiin kemaren di postingan "Sepotong Episode [Akhirnya Ketemu Juga]"... Pada gasabar kan dengerin (woi! ini mah dibaca kali, bukan didenger!) cuap-cuap ala saya?! Okeh, check this out!!! :D

Masih inget kan sama lagunya edCoustic yang kemaren, itu loh yang judulnya "Sepotong Episode" yang saya sebutin di postingan kemaren... Yupz, yang kata saya ngingetin ke memori pas kelas 2 SD tuh... Bagian awal liriknya itu gue banget reuh... Yang sebelah sininya nih :
sebuah kisah masa lalu hadir di benakku
saat kulihat surau itu
menyibak lembaran masa yang indah
bersama sahabatku
Nah, itu tuh bagian yang paling ngingetin saya ke masa-masa dulu... Masa-masa waktu saya belajar ngaji di mesjid yang saya sebut "Surau Hijau"...
Sebenernya mesjid ini tuh lebih sering disebut mushola daripada mesjid, karena emang ukurannya yang gagede-gede amat... Saya sebut Surau Hijau, karena emang warna yang dominan di mushola ini tuh ya ijo kayak kebanyakan mesjid di dunia (tipikal semua mesjid rata-rata pake warna ijo bwt warna dasarnya)... Nama mushola ini yang asli itu "Al-Atsur"... Awalnya saya gangerti kenapa ni mushola dinamain Al-Atsur (seinget saya mah saya gapernah denger kata Al-Atsur di bahasa Arab)... Nah? Ternyata eh ternyata, ada sesuatu nih di balik nama Al-Atsur tuh... Al-Atsur itu, singkatan dari "Almarhum Atma Surdja", orang yang bikin (yang bikin mah tukang bangunan deng, maksudnya yang menggagas) mushola ini... Ckckckck... Dan parahnya, saya baru tau tentang itu beberapa tahun ke belakang... Bener-bener parah nih anak... (mari kita hakimi berramai-ramai :p Hajaaaaaaaaaar!!!)...

Nahlho? Sekarang, apa hubungannya antara musholla alias surau alias mesjid kecil ini sama do'a sebelum belajar??? Jauh banget kan perasaan mah... Kayaknya gada hubungannya deh -______-"

Ada hubungannya tau!!! Mereka itu udah pacaran selama kurang lebih 2 bulan, belakangan ketauan kalo selama 3 tahun sebelumnya, mereka itu backstreet... Eh? Ini lagi ngomongin apaan sih??? Koq ada backstreet-backstreetnya segala??? e(-_-_-)a
Okeh, balik lagi ke topik semula... Jadi gini loh ceritanya... Pas kelas 2 SD tuh saya diajakin buat ngaji di musholla Al-Atsur ini sama temen saya yang namanya Arie Pratama a.k.a Ari Muhammad Yusuf (dia punya masalah sama namanya di akte kelahiran)... Sebenernya sih saya mau-mau aja nerima ajakan baik ini (secara, ngaji... Siapa juga yg nolak???? Saya kan cita-cita awalnya jdi muballigh)... Ada satu hal nih, gatau itu kebetulan gatau apa... Tiap tempat ngaji yang saya sambangin, pasti umurnya galama... Maksudnya, pasti aja cepet vaccum dari persaingan tempat ngaji alias bubar di tengah jalan... Sebelumnya, saya ngaji di mesjid Al-Hikmah yang pembimbingnya tuh A'Firman... Eh beneran baru seminggu udah bubar tuh tempat ngaji, ngenes pisan yak... --"

Tapi akhirnya, setelah diiming-imingin kalo disana tuh banyak temen seumuran saya yang ikut ngaji juga ditambah saya diuber-uber terus sama guru Agama, Bu Yoyoh supaya ngaji tiap hari (tiap pertemuan pasti ditanyain suka ngaji engga, atau shalat shubuh engga) saya pun nerima ajakan itu... saya nanyain ke temen saya itu kalo ngaji disana gimana... Dia bilang sih sama aja kayak di tempat lain, gurunya ada 3, terus minggu ini kalo saya masuk saya bakal langsung ngadepin tugas tes "Doa Sebelum Belajar" (nah, disini loh nyambungnya sama yang tadi diomongin)... Walhasil, saya yang semula santai-santai aja akhirnya minta diajarin itu do'a sama temen saya yang udah lebih dulu apal sama do'anya... Lumayan sih, beberapa hari aja saya udah bisa hapal sama do'anya, pendek juga sih jadi cepet ngapalinnya...

Hari yang paling bikin deg-degan pun tiba, saya pertama kali masuk ngaji di Al-Atsur dan ternyata hari itu juga semua santri bakal dites buat baca do'a sebelum belajar... Yang ngetesnya tuh namanya Teh Rofi... Temen saya, si Ari ngelewatin tesnya dengan mulus, disusul si Eka (adik kelas saya)... Nah pas giliran saya, itu Teh Rofi gapake basa-basi dulu sama santri baru malah maen tunjuk aja... Spontan saya langsung ngaderes itu do'a pelan-pelan sampe akhir... Dan S.U.K.S.E.S !!! Akhirnya bisa juga nih ngelewatin tantangan pertama... Wah, pertanda baik nih pasti... Hhahahaaaaa :D

Sebelum Teh Rofi nutup pertemuan ngaji hari itu (hari pertama saya nih masbro-mbabro), dia ngeluarin sesuatu yang dibungkus rapi... Ternyata itu kado... Nahlho? Emang siapa yang ulang tahun???

Bukan, bukan buat yang ulang tahun... Tapi ternyata, temen saya, si Ari gangasih tau kalo yang beruntung bisa baca do'a sebelum belajar tadi secara lancar bakal dapet hadiah... Ngek! Tau gitu mah saya ngapalinnya bener-bener deh, biar dapet hadiah... Dasar tuh si Ari, gamau ngasih tau... Takut kalah saingan ya?! Hhahahaaaa... :D

Dan detik-detik menegangkan pun datang... Suasana hening dan mencekam menyeruak di seantero ruangan... Dan tiba-tiba, sang drakula pun muncul dan menyerang para tamu yang hadir di tempat itu... Dia menghisap darah mereka sampai habis, tak bersisa... Ek eh eh??? Lagi-lagi mulai ngaco nih... Kenapa malah jadi nyambung ke drakula?! Heuheu... Ralat yang tadi... Teh Rofi pun ngumumin siapa yang bakal dapet hadiah itu... Saya sih udah nebaknya si Ari nih yang bakal dapet, kan dia dedengkotnya disitu... Udah pasti lebih hapal dari yang laennya (saya aja diajarin sama dia)... Si Eka, adik kelas saya di sekolah juga bagus... Wah? Dua-duanya sama-sama bagus, susah nentuinnya deh (kenapa kadi saya yang ribut sendiri? harusnya kan Teh Rofi)... Tadaaaaaaaa... Hadiahnya diberikan kepadaaaaaaaaaa... NUR MUCHAMAD!!! Nahlho? Koq saya sih? Beneran ini tuh? Ga lagi mimpi kan? (cubit tangan, ternyata yang kecubit tangan santri sebelah)... Saya sih melongo aja... Secara, saya kan anak baru... Kenapa tiba-tiba aja langsung dapet award kehormatan kayak gini???

Nah, justru dari situ... Saya yang baru masuk hari itu dianggep sama Teh Rofi bagus udah bisa langsung hapal sama do'a sebelum belajar yang Teh Rofi ajarinnya sama yang laen tuh udah seminggu... Ckckckck... Gitu toh... Wah, tebakan saya salah nih... --" Tapi lumayan deng, saya dapet hadiah di penampilan perdana saya, debut pertama di ajang perngajian surau hijau, Al-Atsur... Hhihihiiii... Maafin saya ya, Ari... bagian ente jadi milik saya... Salah sendiri ente malah ngajarin saya, ya saya lah yang dapet hadiahnya :p

Selesai ngaji, pas pulang, saya buka deh itu kado... Isinya tuh ada topeng dari kertas (tau kan topeng mainan yang ditempelin pake karet di telinga, hadiah dari ager-ager tuh), sama beberapa makanan kecil... Hhahahaaaay, mantaps... :9

Huft, cape juga... Kayak habis marathon aja deh... Hheheheheee...
Yaudahlah, segitu dulu deh ceritanya... Padahal mah masih banyak cerita laen di surau hijau ini, dari mulai saya yang belajar nyanyi Mars TPA, jadi pengisi acara Muludan, tragedi hujan-hujanan, debut pertaa saya jadi imam shalat berjama'ah, sampe ke saya yang gasengaja pipis di karpet sejadah musholla... Hhahahaha, banyak deh pokoknya mah... Tapi saya simpen dulu ya, biar galangsung abis sekarang...

Oke, sampe sini dulu...

Eits, sebelum ditutup saya ada pesen nih buat kalian : "Jangan ngajarin doa sebelum belajar ke orang yang baru mau ngikut ngaji bareng. Kalo engga, hadiah yang harusnya buat kamu jadinya buat dia."

Hahahahaaaa...
Stay Calm and Keep Smile, eperibodih :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar