Selasa, 30 Agustus 2011

Karena Hilal Setitik, Rusak Opor Se-Indonesia

A : Eh eh eh mau nanya nih, biasanya kalo puasa Ramadhan tuh berapa hari sih???
B : Hmmm... Kalo di agama gue sih kalo puasa Ramadhan tuh ya sebulan... Gatau kalo di agama elu sih...
A : Iya tau, sebulan... Di agama gue juga sama kali, sebulan... Yang jadi pertanyaan tuh, sebulannya berapa hari?! Eh, bentar... Agama elu emang apa???
B : Islam...
A : Yah, orang gila... Ya sama dong ma gue... Kenapa mesti pake kalimat "agama elu agama gue"??! Huh?!
B : Hhahahaaaa... Ya biarin aja dong...
Sedikit percakapan antara 2 anak yang agak kurang normal (sebut aja gila) mengenai jangka waktu mereka melaksanakan puasa Ramadhan... Ya, sebagai muslimin-muslimat yang insya allah taat kita kan diwajibin buat ngelaksanain ibadah puasa di bulan Ramadhan... Berapa lama??? Nah, kalo dari dulu yang saya denger dari orangtua, guru-guru, ustadz-ustadzah, mereka semua pada kompak bilang kalo puasa Ramadhan itu lamanya ya satu bulan... Gaada yang secara spesifik nyatain berapa hari berapa harinya mah... Tapi yang jelas mah, kalo di penanggalan Qomariyah tuh satu bulan tuh hitungnnya cuma 29 sama 30 hari... Jadi kalo ada yang bilang puasanya 28 atau 31 hari, itu udah jelas salah masbro-mbabro... Hhahahaaa, itu mah ngarang abis namanya... :D

Oiya, kenapa di postingan ini saya ngomongin tentang durasi puasa Ramadhan seorang muslim??? Soalnya kemaren-kemaren nih di seantero negara kita tercinta Indonesia ini lagi anget-angetnya ngomongin masalah "kapan idul fitri?"... Yupz... Kan bentar lagi puasa Ramadhan udah mau genap sebulan (ceritanya flashback dulu ya), jadi deh warga-warga negara kecil kita mulai pada ngeributin kapan datengnya Hari Kemenangan a.k.a Idul Fitri itu...

Ya memang, permasalahan nentuin "kapan puasa", "kapan idul fitri", "kapan idul adha" beberapa tahun ke belakang selalu jadi Trending Topic yang gada habisnya buat dibahas... Coba aja itungin deh, berapa kali kita ngalamin dua (atau mungkin lebih) Hari Raya Idul Fitri di satu tempat yang sama??? Ya, udah lumayan sering... Dan ini jadi masalah yang cukup riskan, soalnya gara-gara perbedaan-perbedaan yang akhirnya ditimbulin justru malah nyulut yang namanya konflik alias ribut-ribut sesama ummat, bahkan bisa kejadian di dalam satu keluarga... Ckckckck... Naudzubillah banget itu... --" Intinya mah, ada sesuatu yang salah di antara kita-kita sesama ummat muslim yang ada di Indonesia... Bukan maksud menyalahkan segolongan pihak, tapi jelas-jelas ini tuh karena kurangnya kesepahaman di antara kita-kitanya juga...

Nih ya, pas kemaren saya liat tuh sidang itsbat di TV, disitu bener-bener ketauan gimana sebenernya seluk beluk penentuan penanggalan Hijriyah, dari mulai metodenya sampe ke segala hal yang berhubungan sama itu... Alot sumpah, kemaren kalo liat debat (atau lebih tepatnya sih diskusi) penentuan Idul Fitri tahun ini... Tau sendiri kan, ada segelintir golongan (nyebutnya apa ya??? kelompok mungkin ya) ummat yang dari jauh-jauh hari udah nyatain kapan tuh si Idul Fitri bakal dateng... Tapi kalo pemerintah sendiri (dalem hal ini Departemen Agama RI) gaterburu-buru nentuin kapan ummat muslim se-Indonesia ngerayain Idul Fitri 1432 Hijriah...

Yang sebenernya dari kemaren dipermasalahin tuh ya, si "Hilal" tuh udah nongol belum??? Kan tandanya mau masuk ke bulan baru tuh ya Hilal udah keliatan trus ada juga kriteria letak bulannya juga (saya juga sebenernya gangerti deh)... Departemen Agama RI kerja sama bareng beberapa elemen sibuk mantengin langit dari saban maghrib buat mastiin kalo mas "Hilal" udah nyampe Indonesia apa belum... Dan ternyata eh ternyata, dari sekian titik tempat pengamatan hilal ngelaporin kalo Hilal belum nampakin dirinya barang sepotong juga, kecuali di daerah Cakung sama Jepara... Katanya sih di 2 daerah itu udah terjadi penampakan Hilal... Nahlho??? Jadi, kalo gitu gimana dong??? Masa di Cakung sama Jepara doang yang bakal lebaran duluan??? Hmmmm... --a Galau abis dah beneran semua ummat muslim Indonesia pas tahu keadaannya kayak gitu...

Saya juga sempet galau sih, tapi saya yakinin kalo semuanya bakal saya serahin sama keputusan sidang nanti... Oiya, ada juga nih tmen SMP saya yang nyoba merkirain posisi Hilal (katanya sih buat ngeyakinin dia)... Dia pake semacem software gitu buat nentuin Hilal... Dan hasilnya, dia dapetin kalo lebarannya pas tanggal 30 Agustus 2011... Beuh??? Tambah galau lagi dah, saya...



Berangkat dari situ, mulai deh perdebatan... Segala ormas Islam yang diundang dalam sidang itsbat kemaren ngajuin pendapatnya masing-masing... Mulai dari nyorotin perbedaan kriteria perhitungan bulan antara satu sama yang lainnya, alias gaada aturan baku yang sama, sampe akhirnya semua ngerucut di satu kesimpulan... Sebagian besar berpendapat kalo Idul fitri-nya dirayainnya pas tanggal 31 Agustus, hari Rabu... Jadi lusanya, bukan besok... Again and again, lebarannya bakal beda-beda nih... Huh? Kpan ya, tiap tahun tuh di Indonesia lebarannya pada sama lagi... Rindu kebersamaan T________T

Tapi gini ya, yang saya tangkep dari permasalahan beda lebaran ini ya gimana caranya kita hidup bertoleransi... Walopun nanti kita lebarannya beda-beda, tapi kan kita ini tetap satu kesatuan ummat muslim Indonesia... Hhahahaa... Gaada yang salah sama perbedaan, karena perbedaan itu indah :D Do'a saya sih ya, semoga aja di waktu-waktu yang lain kita semua ummat muslim se-Indonesia bakal ngerasain lagi Lebaran (bukan cuma lebaran doang sih) yang samaan... Gaada yang duluan, gaada yng belakangan... Semuanya sama... Hhahahahhaaa :D Kan lebih enk tuh... Iya kan?!?!! Iya dooooong :o

Dan hasil akhir dari sidang itsbat kemaren, Pa Suryadharma Ali nyatain kalo Idul Fitri tahun ini 1 Syawal 1432 H akan jatuh bertepatan dengan hari Rabu, 31 Agustus 2011... Tok!!! (ceritanya lagi getok palu)... Kalo saya sih fine-fine aja lebaran mau tanggal 30 atau 31 juga yang penting engga diundur sampe sebulan apalagi setahun... Hhahahahaaa :D Yang bikin saya kasihan sih sebenernya buat para ibu se-Indonesia... Bayangin aja, gara-gara masalah Hilal yang cuma setitik itu masakan opor ibu-ibu yang terlanjur udah dimasak jadi pada basi... Soalnya kan lebarannya diundur, jadi acara makan oprnya juga diundur deh... :p Wkwkwkwk... Untung ibu saya gabikin opor tahun ini mah...



Oiya, karena besok kita semua se-Indonesia (pada umumnya) bakal ngerayain Idul Fitri, saya Nur Muchamad se-keluarga selaku admin blog ini mau ngucapin:

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1432 H. Taqabalallahu minna wa minkum. Shiyamana wa shiyamakum. Ja'alanallahu wa iyyakum, minal aidin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan bathin".


Stay calm, and Keep Smile, eperibodih :D

2 komentar:

  1. bang itu software buat nentuin hilal apa ? boleh minta ? hehehe

    BalasHapus
  2. software-nya namanya "STELLARIUM". Bisa googling aja, mas. Hehehehe :3

    BalasHapus