Selasa, 30 Agustus 2011

Karena Hilal Setitik, Rusak Opor Se-Indonesia

A : Eh eh eh mau nanya nih, biasanya kalo puasa Ramadhan tuh berapa hari sih???
B : Hmmm... Kalo di agama gue sih kalo puasa Ramadhan tuh ya sebulan... Gatau kalo di agama elu sih...
A : Iya tau, sebulan... Di agama gue juga sama kali, sebulan... Yang jadi pertanyaan tuh, sebulannya berapa hari?! Eh, bentar... Agama elu emang apa???
B : Islam...
A : Yah, orang gila... Ya sama dong ma gue... Kenapa mesti pake kalimat "agama elu agama gue"??! Huh?!
B : Hhahahaaaa... Ya biarin aja dong...
Sedikit percakapan antara 2 anak yang agak kurang normal (sebut aja gila) mengenai jangka waktu mereka melaksanakan puasa Ramadhan... Ya, sebagai muslimin-muslimat yang insya allah taat kita kan diwajibin buat ngelaksanain ibadah puasa di bulan Ramadhan... Berapa lama??? Nah, kalo dari dulu yang saya denger dari orangtua, guru-guru, ustadz-ustadzah, mereka semua pada kompak bilang kalo puasa Ramadhan itu lamanya ya satu bulan... Gaada yang secara spesifik nyatain berapa hari berapa harinya mah... Tapi yang jelas mah, kalo di penanggalan Qomariyah tuh satu bulan tuh hitungnnya cuma 29 sama 30 hari... Jadi kalo ada yang bilang puasanya 28 atau 31 hari, itu udah jelas salah masbro-mbabro... Hhahahaaa, itu mah ngarang abis namanya... :D

Oiya, kenapa di postingan ini saya ngomongin tentang durasi puasa Ramadhan seorang muslim??? Soalnya kemaren-kemaren nih di seantero negara kita tercinta Indonesia ini lagi anget-angetnya ngomongin masalah "kapan idul fitri?"... Yupz... Kan bentar lagi puasa Ramadhan udah mau genap sebulan (ceritanya flashback dulu ya), jadi deh warga-warga negara kecil kita mulai pada ngeributin kapan datengnya Hari Kemenangan a.k.a Idul Fitri itu...

Ya memang, permasalahan nentuin "kapan puasa", "kapan idul fitri", "kapan idul adha" beberapa tahun ke belakang selalu jadi Trending Topic yang gada habisnya buat dibahas... Coba aja itungin deh, berapa kali kita ngalamin dua (atau mungkin lebih) Hari Raya Idul Fitri di satu tempat yang sama??? Ya, udah lumayan sering... Dan ini jadi masalah yang cukup riskan, soalnya gara-gara perbedaan-perbedaan yang akhirnya ditimbulin justru malah nyulut yang namanya konflik alias ribut-ribut sesama ummat, bahkan bisa kejadian di dalam satu keluarga... Ckckckck... Naudzubillah banget itu... --" Intinya mah, ada sesuatu yang salah di antara kita-kita sesama ummat muslim yang ada di Indonesia... Bukan maksud menyalahkan segolongan pihak, tapi jelas-jelas ini tuh karena kurangnya kesepahaman di antara kita-kitanya juga...

Nih ya, pas kemaren saya liat tuh sidang itsbat di TV, disitu bener-bener ketauan gimana sebenernya seluk beluk penentuan penanggalan Hijriyah, dari mulai metodenya sampe ke segala hal yang berhubungan sama itu... Alot sumpah, kemaren kalo liat debat (atau lebih tepatnya sih diskusi) penentuan Idul Fitri tahun ini... Tau sendiri kan, ada segelintir golongan (nyebutnya apa ya??? kelompok mungkin ya) ummat yang dari jauh-jauh hari udah nyatain kapan tuh si Idul Fitri bakal dateng... Tapi kalo pemerintah sendiri (dalem hal ini Departemen Agama RI) gaterburu-buru nentuin kapan ummat muslim se-Indonesia ngerayain Idul Fitri 1432 Hijriah...

Yang sebenernya dari kemaren dipermasalahin tuh ya, si "Hilal" tuh udah nongol belum??? Kan tandanya mau masuk ke bulan baru tuh ya Hilal udah keliatan trus ada juga kriteria letak bulannya juga (saya juga sebenernya gangerti deh)... Departemen Agama RI kerja sama bareng beberapa elemen sibuk mantengin langit dari saban maghrib buat mastiin kalo mas "Hilal" udah nyampe Indonesia apa belum... Dan ternyata eh ternyata, dari sekian titik tempat pengamatan hilal ngelaporin kalo Hilal belum nampakin dirinya barang sepotong juga, kecuali di daerah Cakung sama Jepara... Katanya sih di 2 daerah itu udah terjadi penampakan Hilal... Nahlho??? Jadi, kalo gitu gimana dong??? Masa di Cakung sama Jepara doang yang bakal lebaran duluan??? Hmmmm... --a Galau abis dah beneran semua ummat muslim Indonesia pas tahu keadaannya kayak gitu...

Saya juga sempet galau sih, tapi saya yakinin kalo semuanya bakal saya serahin sama keputusan sidang nanti... Oiya, ada juga nih tmen SMP saya yang nyoba merkirain posisi Hilal (katanya sih buat ngeyakinin dia)... Dia pake semacem software gitu buat nentuin Hilal... Dan hasilnya, dia dapetin kalo lebarannya pas tanggal 30 Agustus 2011... Beuh??? Tambah galau lagi dah, saya...



Berangkat dari situ, mulai deh perdebatan... Segala ormas Islam yang diundang dalam sidang itsbat kemaren ngajuin pendapatnya masing-masing... Mulai dari nyorotin perbedaan kriteria perhitungan bulan antara satu sama yang lainnya, alias gaada aturan baku yang sama, sampe akhirnya semua ngerucut di satu kesimpulan... Sebagian besar berpendapat kalo Idul fitri-nya dirayainnya pas tanggal 31 Agustus, hari Rabu... Jadi lusanya, bukan besok... Again and again, lebarannya bakal beda-beda nih... Huh? Kpan ya, tiap tahun tuh di Indonesia lebarannya pada sama lagi... Rindu kebersamaan T________T

Tapi gini ya, yang saya tangkep dari permasalahan beda lebaran ini ya gimana caranya kita hidup bertoleransi... Walopun nanti kita lebarannya beda-beda, tapi kan kita ini tetap satu kesatuan ummat muslim Indonesia... Hhahahaa... Gaada yang salah sama perbedaan, karena perbedaan itu indah :D Do'a saya sih ya, semoga aja di waktu-waktu yang lain kita semua ummat muslim se-Indonesia bakal ngerasain lagi Lebaran (bukan cuma lebaran doang sih) yang samaan... Gaada yang duluan, gaada yng belakangan... Semuanya sama... Hhahahahhaaa :D Kan lebih enk tuh... Iya kan?!?!! Iya dooooong :o

Dan hasil akhir dari sidang itsbat kemaren, Pa Suryadharma Ali nyatain kalo Idul Fitri tahun ini 1 Syawal 1432 H akan jatuh bertepatan dengan hari Rabu, 31 Agustus 2011... Tok!!! (ceritanya lagi getok palu)... Kalo saya sih fine-fine aja lebaran mau tanggal 30 atau 31 juga yang penting engga diundur sampe sebulan apalagi setahun... Hhahahahaaa :D Yang bikin saya kasihan sih sebenernya buat para ibu se-Indonesia... Bayangin aja, gara-gara masalah Hilal yang cuma setitik itu masakan opor ibu-ibu yang terlanjur udah dimasak jadi pada basi... Soalnya kan lebarannya diundur, jadi acara makan oprnya juga diundur deh... :p Wkwkwkwk... Untung ibu saya gabikin opor tahun ini mah...



Oiya, karena besok kita semua se-Indonesia (pada umumnya) bakal ngerayain Idul Fitri, saya Nur Muchamad se-keluarga selaku admin blog ini mau ngucapin:

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1432 H. Taqabalallahu minna wa minkum. Shiyamana wa shiyamakum. Ja'alanallahu wa iyyakum, minal aidin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan bathin".


Stay calm, and Keep Smile, eperibodih :D

Jumat, 19 Agustus 2011

Sepotong Episode [Surau Hijau]

Bismillahirrahmanirrahiim . . .
Roditu billahi robba . . . Wa bil islaami diina . . . Wa bi Muhammadin nabiya wa rasula . . . Robbi jidni ilman, warzukni fahman . . .

Tau ga itu bacaaan atau do'a apa???
What?! Pelet buat dapetin cewe??? Bukaaaaaaaaaan!!!
Hah?! Do'a masuk WC?! Ini lagi tambah ngaco, ah... Gada jawaban yang laen apa??? Heuheu... Keciri nih nilai agamanya waktu SD dapetnya ceuli monyet (telinga monyet, alias angka 3) semua... Hhahahahaaaa... :D 

 
Liat dong saya (keliatan ga sih? --a), nilai ulangan agama saya dari SD sampe sekarang kuliah gapernah tuh di bawah 6 (eh, pas kuliah mah cuma dapet 3,5 deng. Berarti di bwah 6 ya? Hmmm --a)...
Beneran nih gatau itu do'a atau bacaan apa??? Taluk??? Keluarin bendera putihnya dong kalo udah nyerah mah :p Hhihihiii...


Dasar kalian nih pengetahuan agamanya abal-abal (kayak yg sendirinya bener aja deh)... Nih, ta' kasih tau ya kalo itu tulisan yang di atas yang saya pajang di Mukaddimah postingan ini tuh Do'a Sebelum Belajar, masbro-mbabro... Ckckckck... Deuh, akhi-ukhti ini gimana sih??? Pas mau belajarnya gasuka do'a ya??? Jangan-jangan bukannya do'a , tapi malah sibuk ngapalin jadwal tayang The Little Marmaid di TV (acara TV tahun kapan itu ya? So last year, maseee)...


Oiya, jadi kapohoan nih mau cerita sesuatu tuh... Ini ada hubungannya sama tuh do'a di atas... Ini cerita lanjutan yang saya janjiin kemaren di postingan "Sepotong Episode [Akhirnya Ketemu Juga]"... Pada gasabar kan dengerin (woi! ini mah dibaca kali, bukan didenger!) cuap-cuap ala saya?! Okeh, check this out!!! :D

Masih inget kan sama lagunya edCoustic yang kemaren, itu loh yang judulnya "Sepotong Episode" yang saya sebutin di postingan kemaren... Yupz, yang kata saya ngingetin ke memori pas kelas 2 SD tuh... Bagian awal liriknya itu gue banget reuh... Yang sebelah sininya nih :
sebuah kisah masa lalu hadir di benakku
saat kulihat surau itu
menyibak lembaran masa yang indah
bersama sahabatku
Nah, itu tuh bagian yang paling ngingetin saya ke masa-masa dulu... Masa-masa waktu saya belajar ngaji di mesjid yang saya sebut "Surau Hijau"...
Sebenernya mesjid ini tuh lebih sering disebut mushola daripada mesjid, karena emang ukurannya yang gagede-gede amat... Saya sebut Surau Hijau, karena emang warna yang dominan di mushola ini tuh ya ijo kayak kebanyakan mesjid di dunia (tipikal semua mesjid rata-rata pake warna ijo bwt warna dasarnya)... Nama mushola ini yang asli itu "Al-Atsur"... Awalnya saya gangerti kenapa ni mushola dinamain Al-Atsur (seinget saya mah saya gapernah denger kata Al-Atsur di bahasa Arab)... Nah? Ternyata eh ternyata, ada sesuatu nih di balik nama Al-Atsur tuh... Al-Atsur itu, singkatan dari "Almarhum Atma Surdja", orang yang bikin (yang bikin mah tukang bangunan deng, maksudnya yang menggagas) mushola ini... Ckckckck... Dan parahnya, saya baru tau tentang itu beberapa tahun ke belakang... Bener-bener parah nih anak... (mari kita hakimi berramai-ramai :p Hajaaaaaaaaaar!!!)...

Nahlho? Sekarang, apa hubungannya antara musholla alias surau alias mesjid kecil ini sama do'a sebelum belajar??? Jauh banget kan perasaan mah... Kayaknya gada hubungannya deh -______-"

Ada hubungannya tau!!! Mereka itu udah pacaran selama kurang lebih 2 bulan, belakangan ketauan kalo selama 3 tahun sebelumnya, mereka itu backstreet... Eh? Ini lagi ngomongin apaan sih??? Koq ada backstreet-backstreetnya segala??? e(-_-_-)a
Okeh, balik lagi ke topik semula... Jadi gini loh ceritanya... Pas kelas 2 SD tuh saya diajakin buat ngaji di musholla Al-Atsur ini sama temen saya yang namanya Arie Pratama a.k.a Ari Muhammad Yusuf (dia punya masalah sama namanya di akte kelahiran)... Sebenernya sih saya mau-mau aja nerima ajakan baik ini (secara, ngaji... Siapa juga yg nolak???? Saya kan cita-cita awalnya jdi muballigh)... Ada satu hal nih, gatau itu kebetulan gatau apa... Tiap tempat ngaji yang saya sambangin, pasti umurnya galama... Maksudnya, pasti aja cepet vaccum dari persaingan tempat ngaji alias bubar di tengah jalan... Sebelumnya, saya ngaji di mesjid Al-Hikmah yang pembimbingnya tuh A'Firman... Eh beneran baru seminggu udah bubar tuh tempat ngaji, ngenes pisan yak... --"

Tapi akhirnya, setelah diiming-imingin kalo disana tuh banyak temen seumuran saya yang ikut ngaji juga ditambah saya diuber-uber terus sama guru Agama, Bu Yoyoh supaya ngaji tiap hari (tiap pertemuan pasti ditanyain suka ngaji engga, atau shalat shubuh engga) saya pun nerima ajakan itu... saya nanyain ke temen saya itu kalo ngaji disana gimana... Dia bilang sih sama aja kayak di tempat lain, gurunya ada 3, terus minggu ini kalo saya masuk saya bakal langsung ngadepin tugas tes "Doa Sebelum Belajar" (nah, disini loh nyambungnya sama yang tadi diomongin)... Walhasil, saya yang semula santai-santai aja akhirnya minta diajarin itu do'a sama temen saya yang udah lebih dulu apal sama do'anya... Lumayan sih, beberapa hari aja saya udah bisa hapal sama do'anya, pendek juga sih jadi cepet ngapalinnya...

Hari yang paling bikin deg-degan pun tiba, saya pertama kali masuk ngaji di Al-Atsur dan ternyata hari itu juga semua santri bakal dites buat baca do'a sebelum belajar... Yang ngetesnya tuh namanya Teh Rofi... Temen saya, si Ari ngelewatin tesnya dengan mulus, disusul si Eka (adik kelas saya)... Nah pas giliran saya, itu Teh Rofi gapake basa-basi dulu sama santri baru malah maen tunjuk aja... Spontan saya langsung ngaderes itu do'a pelan-pelan sampe akhir... Dan S.U.K.S.E.S !!! Akhirnya bisa juga nih ngelewatin tantangan pertama... Wah, pertanda baik nih pasti... Hhahahaaaaa :D

Sebelum Teh Rofi nutup pertemuan ngaji hari itu (hari pertama saya nih masbro-mbabro), dia ngeluarin sesuatu yang dibungkus rapi... Ternyata itu kado... Nahlho? Emang siapa yang ulang tahun???

Bukan, bukan buat yang ulang tahun... Tapi ternyata, temen saya, si Ari gangasih tau kalo yang beruntung bisa baca do'a sebelum belajar tadi secara lancar bakal dapet hadiah... Ngek! Tau gitu mah saya ngapalinnya bener-bener deh, biar dapet hadiah... Dasar tuh si Ari, gamau ngasih tau... Takut kalah saingan ya?! Hhahahaaaa... :D

Dan detik-detik menegangkan pun datang... Suasana hening dan mencekam menyeruak di seantero ruangan... Dan tiba-tiba, sang drakula pun muncul dan menyerang para tamu yang hadir di tempat itu... Dia menghisap darah mereka sampai habis, tak bersisa... Ek eh eh??? Lagi-lagi mulai ngaco nih... Kenapa malah jadi nyambung ke drakula?! Heuheu... Ralat yang tadi... Teh Rofi pun ngumumin siapa yang bakal dapet hadiah itu... Saya sih udah nebaknya si Ari nih yang bakal dapet, kan dia dedengkotnya disitu... Udah pasti lebih hapal dari yang laennya (saya aja diajarin sama dia)... Si Eka, adik kelas saya di sekolah juga bagus... Wah? Dua-duanya sama-sama bagus, susah nentuinnya deh (kenapa kadi saya yang ribut sendiri? harusnya kan Teh Rofi)... Tadaaaaaaaa... Hadiahnya diberikan kepadaaaaaaaaaa... NUR MUCHAMAD!!! Nahlho? Koq saya sih? Beneran ini tuh? Ga lagi mimpi kan? (cubit tangan, ternyata yang kecubit tangan santri sebelah)... Saya sih melongo aja... Secara, saya kan anak baru... Kenapa tiba-tiba aja langsung dapet award kehormatan kayak gini???

Nah, justru dari situ... Saya yang baru masuk hari itu dianggep sama Teh Rofi bagus udah bisa langsung hapal sama do'a sebelum belajar yang Teh Rofi ajarinnya sama yang laen tuh udah seminggu... Ckckckck... Gitu toh... Wah, tebakan saya salah nih... --" Tapi lumayan deng, saya dapet hadiah di penampilan perdana saya, debut pertama di ajang perngajian surau hijau, Al-Atsur... Hhihihiiii... Maafin saya ya, Ari... bagian ente jadi milik saya... Salah sendiri ente malah ngajarin saya, ya saya lah yang dapet hadiahnya :p

Selesai ngaji, pas pulang, saya buka deh itu kado... Isinya tuh ada topeng dari kertas (tau kan topeng mainan yang ditempelin pake karet di telinga, hadiah dari ager-ager tuh), sama beberapa makanan kecil... Hhahahaaaay, mantaps... :9

Huft, cape juga... Kayak habis marathon aja deh... Hheheheheee...
Yaudahlah, segitu dulu deh ceritanya... Padahal mah masih banyak cerita laen di surau hijau ini, dari mulai saya yang belajar nyanyi Mars TPA, jadi pengisi acara Muludan, tragedi hujan-hujanan, debut pertaa saya jadi imam shalat berjama'ah, sampe ke saya yang gasengaja pipis di karpet sejadah musholla... Hhahahaha, banyak deh pokoknya mah... Tapi saya simpen dulu ya, biar galangsung abis sekarang...

Oke, sampe sini dulu...

Eits, sebelum ditutup saya ada pesen nih buat kalian : "Jangan ngajarin doa sebelum belajar ke orang yang baru mau ngikut ngaji bareng. Kalo engga, hadiah yang harusnya buat kamu jadinya buat dia."

Hahahahaaaa...
Stay Calm and Keep Smile, eperibodih :D

Rabu, 17 Agustus 2011

Sang Saka Merah Putih

Sang Saka Merah Putih merupakan julukan kehormatan terhadap bendera Merah Putih negara Indonesia. Pada mulanya sebutan ini ditujukan untuk bendera Merah Putih yang dikibarkan pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta, saat Proklamasi dilaksanakan. Tetapi selanjutnya dalam penggunaan umum, Sang Saka Merah Putih ditujukan kepada setiap bendera Merah Putih yang dikibarkan dalam setiap upacara bendera.

Bendera pusaka dibuat oleh Ibu Fatmawati, istri Presiden Soekarno, pada tahun 1944. Bendera berbahan katun Jepang (ada juga yang menyebutkan bahan bendera tersebut adalah kain wool dari London yang diperoleh dari seorang Jepang. Bahan ini memang pada saat itu digunakan khusus untuk membuat bendera-bendera negara di dunia karena terkenal dengan keawetannya) berukuran 276 x 200 cm. Sejak tahun 1946 sampai dengan 1968, bendera tersebut hanya dikibarkan pada setiap hari ulang tahun kemerdekaan RI. Sejak tahun 1969, bendera itu tidak pernah dikibarkan lagi dan sampai saat ini disimpan di Istana Merdeka. Bendera itu sempat sobek di dua ujungnya, ujung berwarna putih sobek sebesar 12 X 42 cm. Ujung berwarna merah sobek sebesar 15x 47 cm. Lalu ada bolong-bolong kecil karena jamur dan gigitan serangga, noda berwarna kecoklatan, hitam, dan putih. Karena terlalu lama dilipat, lipatan-lipatan itu pun sobek dan warna di sekitar lipatannya memudar.

Setelah tahun 1969, yang dikerek dan dikibarkan pada hari ulang tahun kemerdekaan RI adalah bendera duplikatnya yang terbuat dari sutra. Bendera pusaka turut pula dihadirkan namun ia hanya 'menyaksikan' dari dalam kotak penyimpanannya.

(Lebih lanjut lihat di sini)

Sepotong Episode [Akhirnya Ketemu Juga]

Eheemmm...
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh . . .
Alhamdulillahirobbil 'alamin . . . Wabihi nasta'inu wa 'ala umuri dunya waddiin . . . Washshalatu wassalamu 'ala asrafil anbiya'i wal mursalin . . . Wa'ala alihi, washohbihi, wa barik, wa salim . . . Ama ba'du . . .

Eheemmm [lagi]...
Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT...  Shalawat beserta salam, semoga tetap tercurahakan kepada baginda Nabi Muhammad SAW... Kepada keluarganya, para sahabatnya, dan kepada kita selaku ummatnya... Amin...

Eheemmm [lagi dan lagi]...
Pada kesempatan yang berbahagia ini, dalam rangka menyambut Idul Fitri 1432 H, saya akan sedikit mengulas mengenai, . . . mengenai, . . . eh? Mengenai apa ya?
Bentar dulu... Emang sebenernya siapa yang mau pidato sih? Saya tah? Nahlho? Ralat ralat ralat... Niat saya sekarang bukan mau pidato, sodara-sodara... Aduaduaduh, salah ngomong lagi dah... Heuheuheu... Gini nih orang ribet mah... Udah mah salah kalimat, salah tema, salah ngomong pula... Hhahahaaaa :D
Yowish lah, daripada kita ngebahas sesuatu yang gajelas gara-gara salah ngomong tadi, kita ngebahas yang laen aja yuks... Saya ada sedikit yang mau diceritain nih... Hahahahhaaaa... Biasa, cerita masa lalu... Waktu masih muda dulu (berarti sekarang udah bangkotan ya?) -___-"

Ini cerita muda, jadi keingetan gara-gara kemaren-kemaren nih... Saya lagi nyoba download lagu-lagu nasyid yang dari dulu saya cari-cari... Tapi yang jadi masalah saya gatau judul sama siapa yang nyanyiin itu lagu-lagu keren yang ngedengung terus di telinga kanan-kiri saya... Hahahahaa... Saya suka lagu-lagu nasyid dari jaman pas Snada, Raihan, Justice Voice lagi booming-boomingnya (lama banget itu teh)... Nah skrang pas kuliah kan waktu semester 1 ada yang namanya Tutorial Keislaman... Di kegiatan itu, saya kepincut sama beberapa lagu nasyid yang beneran saya buta alias gatau pisan, gapunya bayangan... Yaudah deh, akhirnya saya download lagu laen dulu yang lebih saya tau judulnya... Lagu pertama yang saya download tuh judulnya "Nantikanku di Batas Waktu" rekomendasi dari seseorang... Nah, akhirnya nongol dah itu lagu, yang ternyata dinyayiin sama edCoustic (saya berasa pernah inget ni nama)... Selesai download, langsung saya puter dah, didengerin trus nyoba dihapalin... Eh, ternyata lagunya enak loh... Berapa kali itu saya repeat dari pas malem saya download, sampe paginya saya buka komputer lagi itu lagu masih aja mejeng di playlist... Dari situ, saya akhirnya nyari lagu-lagu lain dari edCoustic...



Daaaaaan... Taraaaaaaa... Ada banyak ternyata... Huhuhuuuu... Mesti didownload terus nyoba dengerin satu-satu... Lagu berikutnya, "Muhasabah Cinta" complete dan lumayan enak didengernya... Selepas lagu itu, muncul deh lagu-lagu yang baru saya kenal dari edCoustic : "Menjadi Diriku", "Aku Ingin Mencintai-Mu Setulusnya", "Di Persimpangan Aku Berdiri", "Berubah", "Sebiru Hari Ini", "Duhai Pendampingku", "Cinta Berkawan", "Masa Muda", "Jangan Bersedih", "Ku Pergi", "Sepanjang Perjalanan", "Pertengkaran Kecil", "Find the Way", "Sepotong Episode", "Remaja Peduli", sama satu lagi "Sendiri Menyepi"...

Mau tau ga? Mau tau ga? Eits... Mau tauuuu, aja :p

Hhahahahays... Kidding deng :p
Jadi pas saya puter lagu yang ada di urutan ke-3 terakhir daftar download alias di lagu yang judulnya "Sepotong Episode", saya sumringah bukan maen... Ini lagu yang saya cari-cari selama nyaris 2 semester... Huhuhuhuuuu... T.T (menangis bangga)... Akhirnya perjuangan saya mantengin komputer lebih dari sejam gasia-sia :D Lagunya ketemu, masbro-mbabro... Hhahahahaaaaa :D Sikasiskasikasik...


Selesai saya download, langsung bin gabasa-basi lagi saya setel deh itu lagu most wanted... Nada lagu yang nyejukin pikiran, sepoy-sepoy kayak angin pagi-pagi... Wuiiihhh... Semeriwing... So, buat ngelancarin misi baik yang gatau datengnya dari siapa, selain saya dengerin saya juga nyari liriknya dalam rangka ngehapalin bait demi bait yang kayaknya sih pendek-pendek... Eh, ternyata bener... Emnag pendek... Kayak gini nih liriknya :

sebuah kisah masa lalu hadir di benakku
saat kulihat surau itu
menyibak lembaran masa yang indah
bersama sahabatku

sepotong episode masa lalu aku
episode sejarah yang membuatku kini
merasakan bahagia dalam diin-Mu
merubah arahan langkah di hidupku

setiap sudut surau itu menyimpan kisah
kadang kurindu cerita yang
tak pernah hilang kenangan
bersama mencari cahayamu

Tau ga [lagi]? Gara-gara saya nyoba ngehapal ini liriknya, dibaca bolak-balik dari atas ke bawah, bawah ke atas, kanan ke kiri, kiri ke kanan, eh eh eh saya jadi keingetan sesuatu...

Yang bait pertama tuh jadi ngingetin saya ke masa-masa sewaktu jamanan saya ngaji... Lagi-lagi, ini kejadiannya pas SD, lebih tepatnya pas kelas 2 SD (saya lagi imut-imut plus cute-cutenya tuh)... Hhahahaaaa... :D

Mau tau cerita lengkapnya? Nanti aja deh ya... Saya lanjutin di postingan berikutnya, biar lebih panjang lebar dan masuk di otak dah... Hhahahaaaa :D Kalo di postingan ini, saya cuma ngasih tau perjuangan saya yang nyaris mati gara-gara nyari tuh "Sepotong Episode"...

So, tunggu aja di postingan berikutnya Sepotong Episode #2... Saya bakal kupas tuntas memori jaman-jaman jebot yang muncul lagi akibat lagu Sepotong Episode...

Stay Calm, and Keep Smile everybody... :D

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh . . .

Senin, 15 Agustus 2011

Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata)

Anggrek hitam adalah salah satu spesies anggrek yang dilindungi di Indonesia karena terancam kepunahan di habitat aslinya. Anggrek hitam yang dalam bahasa latin disebut Coelogyne pandurata merupakan flora identitas (maskot) propinsi Kalimantan Timur. Populasi anggrek hitam (Coelogyne pandurata) di habitat asli (liar) semakin langka dan mengalami penurunan yang cukup drastis karena menyusutnya luas hutan dan perburuan untuk dijual kepada para kolektor anggrek.

Anggrek hitam (Coelogyne pandurata), sebagaimana namanya, mempunyai ciri khas pada bunganya yang memiliki lidah (labellum) berwarna hitam. Anggrek langka ini dalam bahasa Inggris disebut sebagai “Black Orchid”. Sedangkan di Kalimantan Timur, Anggrek Hitam yang langka ini mempunyai nama lokal “Kersik Luai”.

Meskipun Anggrek hitam identik dengan Kalimantan tetapi jenis anggrek ini selain di hutan liar Kalimantan juga tumbuh liar di Sumatera, Semenanjung Malaya dan Mindanao, Pulau Luzon dan Pulau Samar Filipina.

Ciri-ciri Angrrek Hitam. Jenis anggrek ini dinamakan Anggrek hitam lantaran memiliki lidah (labellum) berwarna hitam dengan sedikit garis-garis berwarna hijau dan berbulu. Jumlah bunga dalam tiap tandan antara 1 hingga 14 kuntum atau lebih. Garis tengah tiap bunga sekitar 10 cm. Daun Kelopak berbentuk lanset, melancip, berwama hijau muda, panjang 5 – 6 cm, lebar 2 -3 cm. Daun mahkota berbentuk lanset melancip berwarna hijau muda bibir menyerupai biola, tengah-tengahnya terdapat 1 alur, pinggirnya mengeriting, berwama hitam kelam atau coklat tua.

Daun Anggrek hitam berbentuk lonjong berwarna hijau dengan panjang berkisar antara 40 – 50 cm dan lebar antara 2 -10 cm. Sedangkan buah Anggrek hitam berbentuk jorong dengan panjang sekitar 7 cm dan lebar antara 2 – 3 cm. Dari keseluruhan bunga tidak banyak yang menjadi buah.
Ciri khas anggrek hitam lainnya yang membedakan dengan jenis anggrek lainnya adalah mengeluarkan bau semerbak. Biasanya tanaman itu mekar pada Maret sampai Juni. Anggrek hitam sebagaimana anggrek pada umumnya, tumbuh menumpang pada tumbuhan lain (epifit). Biasanya anggrek langka ini menempel pada pohon tua yang hidup di daerah pantai atau rawa.

Anggrek hitam (Coelogyne pandurata) tumbuh di tempat teduh. Umumnya jenis anggrek yang menjadi fauna identitas Kalimantan Timur ini tumbuh di dataran rendah pada pohon-pohon tua, di dekat pantai atau di daerah rawa dataran rendah yang cukup panas dan dekat sungai-sungai di hutan basah.
Tanaman yang epifit (hidup menumpang di tumbuhan lain) ini berkembang biak dengan dengan biji. Namun Anggrek hitam juga dapat dikembangbiakkan dengan cara memisahkan umbi semunya.

Anggrek Hitam Liar yang Makin Kelam. Populasi anggrek hitam (Coelogyne pandurata) di habitatnya yang liar semakin hari semakin langka. Meskipun menurut PP Nomor 7 Tahun 1999 anggrek ini dilindungi dan dilarang diperdagangkan bebas (kecuali hasil penangkaran), namun perburuan yang dilakukan untuk mengambil dan menjual jenis anggrek ini ke kolektor anggrek tidak kunjung mereda.

Selain itu, mulai beralihnya fungsi hutan untuk perkebunan dan pemukiman serta terjadinya kebakaran hutan yang terjadi tiap tahun semakin membuat populasi Anggrek hitam di alam liar semakin terancam kepunahan.

Mungkin para pecinta dan kolektor anggrek sebelum membeli Anggrek hitam musti teliti, apakah anggrek hitam yang dibeli itu hasil penangkaran atau hasil perburuan dari alam liar. Meskipun banyak pecinta anggrek yang mengoleksi Anggrek hitam, tetapi kepunahan spesies ini di alam bebas tetap merupakan kerugian yang besar bagi biodeversity Indonesia. Jangan sampai para pecinta anggrek justru menjadi penyebab utama kepunahan Anggrek hitam di alam liar.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Liliopsida; Ordo: Asparagales; Famili: Orchidaceae; Genus: Coelogyne; Spesies: Coelogyne pandurata; Nama binomial: Coelogyne pandurata

(Ini hasil copy-paste dari sini

Pesan Tersirat di Balik Foto Profil Facebook


Facebookers


Puisi Islam : "Di Pondok Kecil"

 
 
di pondok kecil di pantai ombak
berbuih putih beralun-alun

disuatu hari ayah berkata
jaga adik mu ayahkan pergi jauh
ku pandang wajah ayah dahinya ku cium
air mata mengalir hatiku pilu

diam-diamlah sayang jangan menangis
doakan ayah semoga diterima
diam adik ku sayang jangan menangis
andai ayah gugur doakan dia syahid

selamat berjuangan ayah tercinta
kau pergi dulu ayah ke medan juang
ku iringi doa moga berjaya
beroleh kemenangan demi agama Islam

wahai abang ku kemana
ayah ku sayang ayah ku cinta ayah

duhai adik ku sayang jangan bersedih
ayah mu pergi menyambut seruan Ilahi
tapi ingatlah adik ku pesanan ayah
berjuangan dan berkorban walau dimana jua

pada Mu Tuhan aku bermohon
dosa ayah ku minta diampunkan
berilah rahmat bantulah dia
untuk menegakkan agama Islam 
 
(hasil copy-paste dari sini)

Say Heello


TEMPO Interaktif, Pendiri twitpic, Noah Everret meluncurkan jejaring mirip Twitter. Pria 27 tahun ini menyebut jejaring sosial miliknya Heello. Jejaring ini disambut luar biasa oleh para pengguna Twitter di Indonesia dan menjadi topik terpopuler.

Heello dan Twitter sangat mirip. Pengguna Heello bisa menemukan sejumlah kesamaan dengan twitter seperti dalam hal penulisan status yang maksimal hanya 140 karakter, menggunakan simbol "@" untuk nama dan jenis teman yang disebut listening dan listener.

Peluncuran Heello hanya sehari setelah twitter meluncurkan layanan berbagi foto. Layanan berbagi foto ini tentunya akan berkompetisi dengan pihak ketiga penyedia layanan foto berbasis twitter's API seperti twitpic yang dimiliki Noah.

"Kami membuat perusahaan heello sejak setahun lalu, dan sekarang kami meluncurkan layanannya," ping Noah kepada pendengar hellonya kemarin. Ping seperti halnya tweet dan pendengar serupa dengan pengikut (follower) dalam twitter.

Modifikasi hello nantinya akan terintegrasi dengan video sekaligus teks. Adapula fitur channel yang menggabungkan jenis-jenis pendengar seperti circle dalam google+. Noah, sebenarnya tidak berminat untuk melawan twitter, mungkin dia hanya ingin merayakan ulang tahunnya ke-27.

(dicoppas dari sini)

Jangan lupa listen ane ya @NMuchamad ... Insya Allah, ntar ta' List Back dah :D

Tampilan Heello

Sabtu, 13 Agustus 2011

Playlist of the Day



"Satu ditambah satu, sama dengan dua... Dua ditambah dua, sama dengan empat... Empat ditambah empat, sama dengan delapan... Delapan ditambah delapan, sama dengan enam belas..."

Hapal dong pastinya sama lagu anak lawas yang satu ini??? Kalo judul sama penyanyinya sih, beneran saya lupa... Tapi liriknya mah inget banget, simpel sih... Hhahahaaaa :D

Bentar dulu, kenapa saya jadi ngomongin lagu anak lawas sih... Maksud saya corat-coret di postingan ini tuh bukan buat ngomongin lagu anak... Aduhaduhaduh... Sekarang ni, saya mau ngasih rekomendasi lagu-lagu yang sebenernya gabegitu lawas juga tapi kata saya mah masih enak didenger... Kemaren-kemaren tuh saya oprak-oprek tumpukan DVD, eh ternyata nemuin DVD yang isinya MP3-MP3 yang saya ma kakak-adik saya kumpulin... Banyak, ada sekitar 1000 lebihn da... Tapi sekarang saya cuma bakal rekomendasiin beberapa lagu doang...

Cekidot!!!

Di deretan lagu lawas, saya rekomendasiin beberapa lagu nih:
  1. DJOKER - Kapan Kau Kembali (K3)
  2. RIBAS - Sebelah Hati
  3. JENDRAL - Lupakan Aku
  4. CANDY - Say You Love Me Now
  5. SEPTEMBER - Jangan Tinggalkan Aku
  6. SEPTEMBER - Bintang Hatiku
  7. NYAWA - Don't Let Me
  8. CANVAS - Tak harus Memiliki
  9. DAUN - Puisi Terindah
  10. LUVIA - Jangan Menangis Untukku
  11. ROMANCE - Dalam Mimpi
  12. THE RAIN - Dengar Bisikku
  13. TIC BAND - Terbaik untukmu
  14. BINTANG - Bintang Bintang
  15. CHROME - Memiliki untuk Selamanya

Oiya, saya juga ngasih beberapa lagu religi dari Snada nih (Favorit saya banget nih grup nasyid yang satu ini), ditambah beberapa lagu baru:
  1. SNADA - Demi Matahari
  2. SNADA - Saat Ajal Menjelang
  3. SNADA - Jagalah Hati
  4. SNADA - Teman Sejati
  5. SNADA - Kasih Putih
  6. SNADA - Hanya Pada-Mu
  7. SNADA - Pagi yang Cerah
  8. SNADA - Arti Cinta
  9. SNADA - Belajar dari Ibrahim
  10. SNADA - Rindu
  11. SNADA - Neo Shalawat
  12. SNADA - Di Pintu Langit
  13. SNADA Ft. OPICK - Laillahaillallah
  14. SNADA - Satu dalam Damai
  15. SNADA - Do'a
  16. SNADA - Kutemukan Jalan
  17. EDCOUSTIC - Nantikanku di Batas Waktu
  18. GIGI - Pemimpin dari Surga
  19. PASHA Ft. ROSSA - Kupinang Kau dengan Bismillah
  20. MARSHANDA, OKI, ARSYIL, DUDE, ODI - Dari Sujud ke Sujud
  21. D'FLOW - Menyerah

Luamayan banyak kan, masbro-mbabro? Sampe-sampe saya pegel buat bikin link downloadnya... Kalo misal ada yang ga ke-link, maaf googling sendiri aja lah... Hahhahahahaaaa :D
Stay Calm, and Keep Smile... :D

Seseorang Berinisial "M"

Jama'aaaaah.... Oooooooh... Jama'aaaaaaah....
Alhamdu... Lillaaaah...


Eits... Sorry salah pake style...
Ketauan dah kalo saya nih fans berat Ustadz Maulana yang lagi banyak dibicarain gara-gara gaya ceramahnya yang nyentrik itu... Ya gitu lah, belakangan ini Pa'ustadz yang biasanya tiap pagi nongol di Trans TV ini lagi terkenal-terkenalnya... Maklum lah, sekarang kan bulan Ramadhan... Banyak orang yang tobat, dan akhirnya mengalihkan tontonan mereka dari acara-acara berbau syur n' gossip-gossipan ke acara ceramah-ceramah yang bertebaran saban waktu (secara, ini bulan mulia masbro-mbabro, acara gossip mah gabakalan laku)... Hhahahaaaa... Kasian banget ya... tapi biasanya mah ini cuma euforia sesaat... Ntar abis lebaran mah teuteup stay tuned ke acara semula berlabel "D" di pojok kanan bawah... Dan kayaknya mah saya engga... Yaaaaaaaaa, gabeda jauh maksudnya... Hhahaaaags... -___________-"

Udahlah, gausah munafik... Emang rata-rata orang Indonesia yang Islam-nya masih di KTP doang (termasuk saya) punya kebiasaan taunan yang sama tiap Ramadhan dateng, tobat... Tapi beberapa hari lepas Ramadhan (malah mungkin beberapa detik), ya Back to the Past... Maksiat jalan lagi dah... Hhahaaha :D Tapi semoga tahun ini mah gagitu ya... Saya do'ain buat semuanya juga biar segala ibadah kita di bulan ramadhan ini diterima, trus bisa diterusin di 11 bulan laennya... Amin, amin, amin, amin ya robbal 'alamiiiin...

Oiya, ngomong-ngomong soal Ramadhan nih, saya jadi keingetan sama memori Ramadhan pas saya kecil... Kalo gasalah mah pas saya kelas 4 SD apa ya? Lupa lupa lupa euy... Hhahahaha... Intinya mah pas saya SD aja...

Tau ga? Waktu itu tuh ada kejadian yang bener-bener bikin saya trauma berkepanjangan (gapanjang-panjang amat sih)... Kalo mau dibilang malu-maluin, engga juga sih... Ngocol, iya tapi dikit... Aduh, gimana ya? Ya gitu lah... Nih saya ceritain...

Alkisah, di malam entah tanggal bulan tahun berapa, yang pastinya di bulan Ramadhan... Selepas sahur, eh buka puasa ada beberapa ekor anak kecil yang sedang sibuk melangkahkan kaki-kaki mereka ke sebuah tempat... Tempat ini begitu sunyi senyap ketika hari-hari biasa, tetapi kini tak ubahnya seperti arena pasar malam dadakan selama sebulan penuh... Tidak ada plang nama pasti tempat ini... Tetapi orang-orang yang kerap mengunjungi atau tinggal di sekitar tempat ini mengenalnya sebagai Mesjid Al-Barokah alias Mesjid Kahutanan (mesjid ini dibangun di areal kantor Perhutani)...

Singkat cerita (kalo kata Bu'Nanih mah bukan mempersingkat, tapi mengefektifkan), anak-anak kecil yang ternyata kakak beradik itu sampai di tempat tujuan mereka... Dan benar saja, padahal baru sekitaran jam setengah 7 tapi jama'ah shalat taraweh malam itu bener-bener banyak... Tu alesannya? Hhiihhiiihhiii... Kalo denger, pasti bakal ketawa guling-guling di tanah (saya aja kalo nginget-nginget suka kadang-kadang ketawa sendiri)... Gimana coba jawaban makmum pas Bilal ngucapin Ashsholatu sunnatat tarawihi rok'ataini jama'atar rohimakulullah shollu 'ala nabii muhammad ? Ya emang sih di tiap tempat beda-beda... Yang paling umum di tempat saya sih (di beda masjid) ada dua... Yang satu, ini yang paling umum yaitu Mustofa 'alaika ya Rasulullah... Nah kalo yang kedua ini dipopulerin sama bapak saya ('ala Cirebonan gitu loh) pas bapak saya jadi DKM di mesjid Al-Hikmah, yaitu Lailaha illallah, Muhammadu rasulullah Sholallahu alaihi wasallam... Nah kalo di Mesjid Kahutanan mah pakenya yang pertama (sampe sekarang, tapi saya masih belum ngeuh sama kalimat yang benernya)... Ada satu istilah unik nih di Kahutanan, kalimat jawaban tadi diplesetin super ngaco sama beberapa orang... Nahlho? Iya, kalimat sebagus itu malah seenaknya aja diubah jadi Mustofa 'ala wedang di kahutanan. Ngaco banget pan? Tapi ini bukan tanpa alesan loh... Jadi gini, di Kahutanan ini ada sebuah tradisi yang dipelopori sama Pa'Danru (saya gatau nama aslinya) yaitu tiap habis taraweh tiap jama'ah bakal dikasih bingkisan atau lebih tepatnya kudapan/snack yang dalam bahasa Sunda disebut wedang. Ya, kebanyakan orang yang taraweh di Kahutanan a.k.a Masjid Al-Barokah ini ngarepinnya bukan di kekhusyukan ibadah, tapi justru ngincer wedang ini... Lumayan buat ganjel perut selepas taraweh... Gajarang, Bilal belom selesai nuntun jama'ah buat niat puasa, tapi jama'ah udah berpindah ke pintu keluar... Baris kayak bebek-bebek yang nunggu dikasih makan, mantengin Mang'engkot yang siap-siap buka kardus berisi full bukusan mini berhadiah... Saya juga gamau kalah dong ya... Hhahahahaha *devillaugh*

Sekarang masuk dah ke salah satu pengalaman saya, sebenernya mah gada hubungannya sama tradisi unik 'ala Masjid Kahutanan ini... Tapi yang bikin nyambungnya, kejadian yang saya alamin ini terjadi tepat di shaf ke-3 Masjid Kahutanan ini...

Malem itu, ya biasa lah dingin, gelap (terang deng, ada lampu soalnya)... Saya ma kakak sayaudah niatin diri buat shalat Taraweh di Masjid Kahutanan... tujuan utamanya, ya apa lagi kalo bukan nyari makanan... hhahahahaha... Dasar anak kecil yo... :p Gapapa lah... Hmmm... Pas dateng ke mesjid, saya mah udah gakaget kalo seluruh shaf keiisi full sama jama'ah bahkan sampe ke serambi mesjid... Nah, kebetulan gara-gara saya ma kakak saya datengnya agak pagi-an (eh udah malem kan) ya lumayan dapet tempat di dalem mesjid tapi di shaf paling akhir, masbro... hhuhuhuuu... T_T Tapi ya no problemo lah, supaya bisa lebih cepet ngerebut tempat ngambil makanan juga... 3:)

Di dalem mesjid, ternyata saya ketemu sama temen-temen SD saya... Tau sendiri gimana kalo yang namanya anak kecil ketemu ma temen, beuh... Ribut mah so pasti... Kalo diliat-liat mah jadi lebih mirip acara reuni daripada shalat berjama'ah...

Sekitara jam 7an, Bilal alias Mu'adzin ngumandangin adzan... Artinya, waktu Isya udah nyampe... Suguhan makanan pun semakin dekat ke tangan (mikirnya tuh makanan aja)... Temen saya tadi (namanya Opik, sama satu lagi temen saya lupa siapa) duduk tepat di depan shaf saya, jadi agak susah kalo ngobrol... So, saya maju dah duduknya di antara mereka b'2 pas di tengah-tengah nyempil-nyempil kayak upil...

Shalat isya pun akhirnya lewat, tanpa halangan, padahal kita b'3 noh pas shalat tuh bukannya khusyk malah becandaan mulu coba... Senggol-senggolan, cubit-cubittan, cekikikan, saling klitik kaki, sampe gangguin tetangga sebelah pas lagi sujud... Nakalnyo ni anak-anak bagong... -_______-"

Tragedi dimulai pas shalat taraweh.... Kayaknya sih orang yang tepat ada di belakang saya udah ngerasa keganggu banget sama ulah kita b'3... Sebut aja dia Mr. M (singkatan dari Mardi, ups...)... Pas shalat taraweh udah ngelewatin beberapa roka'at, tepatnya setelah salam, Mr. M ini langsung ngedaratin polesannya di atas kepala 3 anak tanpa dosa (padahal dosa banget tuh gangguin orang)... Secepat kilat, Mang'Engkot yang ada di sisi berlainan dari Mr. M ngangkat badan saya yang super ceking itu... Saya yang semula di shaf 3, sekarang terdampar di shaf belakang. Alamak, macam mana pula ini? Nah, kejadian yang malu-maluinnya tuh di bagian ini... Pas dijitak sama Mr. M sih saya biasa aja, tapi pas berdiri mau lanjut tarawehnya, saya nangis... Beuh... Ya kakak saya yang jadinya heboh, dia nyuruh saya duduk lagi... Kan emang malu-maluin pan? Huh! Dasar anak kecil (niru gaya salah satu merk susu formula)... Tapi saya agak sedikit kehibur pas pulang taraweh, masih bisa kebagian jatah makan dari Mang'Engkot... Hheheheee... Dijitak ya gapapa, yang penting dapet makanan...

Selepas kejadian itu, saya jadi trauma kalo ketemu atau kebetulan papasan sama Mr. M... Sumpah dah... Kira-kira bisa diulang lagi ga ya? Biar saya gausah ke depan ke depan segala dan gaperlu dapet jitakan super dramatis dari Mr. M, tetangga saya itu... Huhuhuhuuuu...

Kalo sekarang-sekarang sih saya gabegitu trauma lagi... Hheheheheee... Malahan, tau ga? Mr. M ini sempet jadi pengawas saya pas Ujian Nasional SMA tempo hari... Bikin nervous aja tuh bapak guru yang satu itu... Bukannya ngawas yang bener ya, malah ngajakin saya ngobrol lagi... Beuh, saya belum selesai ngerjain soalnya bapaaaaaaak... -______-"

Wuh... Itu sih jaman dulu banget kalo bicara soal trauma di Masjid Kahutanan mah... Mr. M yang menyebalkan... Hhahahaaaaapish ah ^^v

Oiya, sekadar info aja nih... Tradisi bagi-bagi makanan selepas taraweh yang biasanya mayeng saban Ramadhan beberapa tahun ke belakang akhirnya diilangin... Bukan apa-apa, yang punya modal (Pa'Danru) udah dipindah tugasin, jadi ya Sayonara Wedang-ku... Hhahahaaaa :D

Itu tuh sekelumit kisah miris, dramatis, tapi bisa bikin orang-orang ketawa sampe nangis 'ala saya dan Mr. M... Beneran, gabakal kelupain dah... Secara, unik getooooooo... :p



Pesan : "Hati-hati dengan yang berinisial M, mereka rata-rata suka bikin masalah"

Hahahahaha... Damai masbro-mbabro, kidding doang ^^v

Sekian aja deh cerita kali ini, semoga bisa mengambil hikmah dari kejadian memalukan dan memilikan yang saya alamin ini...

Stay calm, and Keep Smile :D

Kamis, 11 Agustus 2011

So Far Away by Avenged SevenFold



Never feared for anything
Never shamed but never free
A life that healed a broken heart with all that it could

Lived a life so endlessly
Saw beyond what others see
I tried to heal your broken heart with all that I could

Will you stay ?
Will you stay away forever ?

How do I live without the ones I love ?
Time still turns the pages of the book its burned
Place and time always on my mind
I have so much to say but you’re so far away

Plans of what our futures hold
Foolish lies of growing old
It seems we’re so invincible
The truth is so cold

A final song, a last request
A perfect chapter laid to rest
Now and then I try to find a place in my mind

Where you can stay
You can stay awake forever

How do I live without the ones I love ?
Time still turns the pages of the book its burned
Place and time always on my mind
I have so much to say but you’re so far away

Sleep tight, I'm not afraid
The ones that we love are here with me
Lay away a place for me
Cause as soon as I'm done I'll be on my way
To live eternally

How do I live without the ones I love ?
Time still turns the pages of the book its burned
Place and time always on my mind
And the light you left remains but it's so hard to stay
When I have so much to say and you’re so far away

I love you
You were ready
The pain is strong enough despite
But I'll see you
When He lets me
Your pain is gone, your hands are tied

So far away
And I need you to know
So far away
And I need you to
Need you to know

Bintang Hatiku by September



yang kini engkau cinta
sebagai bintang hati
teruslah berpijar
hingga saat kau lelah
kau hanya bisa temani
untukku saja

hingga esokku berarti
betapa cintaku untuk kau hias
sebagai bintang hatimu
hingga hari sekian cintamu utuh
bersamaku

Engkau dinda yang kupuja
teruslah bermimpi indah
hingga hariku menjemput impian
Engkau dinda yang kusayang
teruslah berharap
bawa aku bintang hati yang terindah…

Bila usai cintamu ku hanya bisa
nyanyikan lagu ini untukmu…

Engkau dinda yang kupuja
teruslah bermimpi indah
hingga hariku menjemput impian

Engkau dinda yang kusayang
teruslah berharap
bawa aku bintang hati yang terindah…

Engkau dinda yang kupuja
teruslah bermimpi indah
hingga hariku menjemput impian

Engkau dinda yang kusayang
teruslah berharap
bawa aku bintang hati yang terindah…

download song : HaTZone Multiply

Selasa, 02 Agustus 2011

Syndrome

Tidaaaaaaaaaaak!!! Saya penyakitan!!!

Eits, ntar dulu... Ini mah penyakit tapi bukan sembarang penyakit... Bukan AIDS, Flu Burung, apalagi SARS... Saya kan orang istimewa, jadi penyakitnya juga istimewa dong... Hhahahaaa... Apaan??? Diare??? Bukaaaaaaan!!!

Penyakit yang saya maksud ini bukan penyakit yang ada di manusia-manusia pada umumnya (sebenernya sih di tiap orang juga bisa ada sih)... Penyakit-penyakit ini saya sebut sebagai "Sindroma" atau bahasa Pangeran William-nya mah "Syndrome"... Nahlho??? Serem amat, kayaknya berat banget ya... Hhahaaaaa :D Kidding kali... Kalo dibilang, ini sebenernya gejala-gejala sosial biasa yang bisa terjadi di siapa aja... Tapi, saya lebih nyorotin yang terjadi di diri saya... Nah, supaya rada unik saya kasih nama deh itu penyakit satu-satu... Kalo boleh jujur, saya ngasih namanya ngikutin trend Syndrome Twenty di bulu tangkis... Hahahaaaaa... Gapapa deuh, plagiat-plagiat dikit mah... Dikit doang ini, gabanyak-banyak...

Apa aja sindroma-sindroma itu??? Nih, saya paparin dikit...

Trapani Syndrome 
Tau Trapani kan? Kota Pantai yang view-nya keren abis, yang letaknya di Pulau Sicillia, Italia... Saking kerennya kota pantai yang satu ini, banyak pelancong-pelancong luar negeri yang rela-relain ngerogoh kocek dalem-dalem plus berperjalanan super jauh buat nyambangin si cantik, Trapani... Pengen banget deh kesana... Liat sunset di Laut Mediterania, wuiiiih... Ajiiiib... :3
Oiya, sampe lupa... Selain sebagai nama Kota Pantai yang super cantik di Italia... Trapani juga merupakan salah satu nama anggota dari Laskar Pelangi (sobat-sobatnya Andrea Hirata)... Kayaknya yang namanya Trapani itu emang ditakdirin buat punya pesona lebih ya... Trapani yang sobatnya Andrea juga kan terkenal gara-gara dia itu paling ganteng, keren... Sekeren Kota Trapani... Pesona Trapani, mau orang mau temapat, sama-sama bikin yang lain kesengsem setengah hidup :p



Nah, sekarang kita sambungin deh antara Kota Trapani di Italia, Trapani anggota Laskar Pelangi, sama Trapani Syndrome 'ala Nur Muchamad :D
Trapani Syndrome ini bukan penyakit kegantengan ya... Mentang-mentang semua yang namanya Trapani itu keren-keren... Bukan...
Trapani Syndrome ini adalah gejala ketergantungan berlebih terhadap orangtua... Iya, sindroma ini diambil dari sifat Trapani-nya Andrea Hirata yang emang bergantung banget sama orangtuanya, utamanya ibu... Sebenernya saya udah mulai nemuin sindroma ini di diri saya sewaktu saya masih SD, tepatnya pas kelas 6 mau ke SMP tuh... Waktu itu, bapak saya nyuruh saya buat masuk ke salah satu SMP yang bentuknya itu kayak pesantren gitu, kurikulumnya Islam Terpadu... Padahal saya udah bisa masuk sana, full beasiswa 6 tahun bahkan sampe PT, tapi sayang banget saya malah milih ngundurin diri... Gatau juga ya, saya kayak ngerasain sesuatu yang ngeganjel... Saya gapengen ninggalin orangtua saya... Huhuhuuuuu T.T
Dan sindroma ini terus berlanjut sampe saya sekarang kuliah... Gada keputusan yang pure sayaambil buat sesuatu... Pasti ada aja peran orangtua saya disitu... Heran saya juga...
Ya intinya mah, Trapani Syndrome ini sindroma atau gejala ketergantungan berlebih terhadap orangtua...

Abstract Syndrome
Prilaku-prilaku gajelas yang terkadang saya tunjukkin sebenernya merupakan gejala dari Abstract Syndrome... Sindroma ini mulai nempel di saya selepas masuk SMA... Gatau juga pokoknya sindroma ini gejalanya bisa diliat secara kasat mata... Kelakuannya aneh, gajelas, so'so caper, kalo ngomong cuma dia sendiri yang ngerti, jayus (bukan Jayus Tambunan)... Pokoknya gitulah... Tapi satu hal, gara-gara Abstract Syndrome ini saya bisa sedikit dikenal di lingkungan... Ya, gara-gara keGJan a.k.a keanehan itu...

Poem Syndrome
Kalo kalian itu tipikal orang yang so'so romantis, hati-hati loh... Itu yang saya sebut sebagai Poem Syndrome... Gejala ini terdeteksi pas dulu saya ikutan lomba puisi di SD... Disitu kan semua peserta disuruh bikin puisinya masing-masing, termasuk saya yang dulu masih kelas 4 kalo gasalah mah... Saya nyobain buat bikin puisi sendiri, tapi hasilnya saya kena ketawaan kakak saya yang notabene penyair super sukses (buat dirinya sendiri)... Saya bukan bikin puisi, tapi prosa... Karangan, masbro... Ckckckck... Dari situ, saya mulai jadi doyan sama yang namanya ngebikin bahasa romantis lewat puisi... Dulu itu saya siapin (lebih tepatnya ngambil) buku kuning bekas tetangga yang emang masih banyak kosongnya buat nulisin puisi-puisi saya... Hhahhaaaa... Gamodal banget deh... Tapi gapapa lah, yang penting bisa nulis... Nah, dari situ, saya mulai nemuin sedikit bakat saya di bidang tulis menulis, utamanya puisi... Kakak saya jelas jadi panutan saat itu...
Sayang seribu sayang, pas sekitaran SMP kelas 9 saya mulai berpikir buat ninggalin dunia tulis menulis... Padahal, sejak kelas 7 SMP, saya udah berniat bikin yang lebih keren lagi, cerpen bahkan novel... Inspirasinya, dari buku Trio Ucul dan Nyonya Pink Ting-nya Tria Ayu Kusumawardhani, hadiah dari sohib dalit saya waktu itu pas ultah ke-13... Kenapa pas kelas 9 saya mikir buat ganerusin ambisi lebay saya itu??? Satu hal yang emang saya pahamin... Setiap puisi, atau cerpen yang saya ciptain, semuanya kadang cuma dingertiin ma saya sendiri... Maksud saya gini, tapi ditafsirin beda sama yang lain... Selain itu, saya selalu nambahin idiom-idiom, ataupun bahasa-bahasa asing di tiap karya saya... Tambah gangerti pan? Hhahahaaa :D
Tapi akhirnya, pas kelas 12 SMA, bakat nulis saya terpaksa mesti dikeluarin lagi... Satu puisi, yang judulnya "Aku Hanya Seekor Katak" jadi pangkal hidupnya gairah nulis saya... Setelah itu, 3 cerpen rampung (walopun sekarang naskahnya udah ilang), dan yang paling keren, 3 naskah drama bikinan saya sukses dipentasin di 3 mata pelajaran berbeda... Lebih-lebih, satu naskah drama sampe dipinjem adik saya buat dipentasin di sekolahnya... Dan akhirnya, saya bisa deh sekarang-sekarang nih ngembangin bakat nulis saya... Puisi, Cerpen, sampe insya allah novel... Poem Syndrome ini ternyata ada bagusnya juga :9 Hhahahahaaaa :D

Over Valued Syndrome
Sindroma yang engga banget...Saya paling gamau terjangkit sindroma yang satu ini... Over Valued Syndrome, atau saya lebih sering sebut sebagai OV Syndrome... Sindroma kepercayaan diri yang berlebihan... Emang sih PD itu baik, tapi kalo berlebihan mah yang sama aja gabaik dong... Orang yang kena OV Syndrome ini ngerasa kalo dia yang "paling" dibandingin yang lain... Biasanya nyerang cowo... Yang paling kentara dari sindroma ini tuh kalo di cowo, dia bakal ngerasa kalo setiap cewe itu naksir dia... Huaaaaaaaaaaahhh... Tidaaaaaaaaaak... So, dari situ saya kagak mau kejangkit ini sindroma... Walopun pas awal-awal sering banget nih nempel gakaruan di diri saya... Warning banget...

Repeat Words Syndrome
Atau saya sebut RWS... Sindroma ini udah saya deteksi dari mulai pas hari ke-3 MOS waktu SMP... Salah satu guru waktu itu nyebutin kalimat yang di dalem kalimat itu ngandung beberapa kata yang penggunaannya diulang-ulang sampe beberapa kali... RWS ini akhirnya ditegasin sama Dosen ITB yang waktu itu jadi mentor saya pas Olimpiade... Lagi-lagi, kalimatnya ngandung beberapa kata-kata yang sama... Dah akhirnya, ketularan juga deh... Tapi enak juga loh... Semasa kelas 9 SMP, saya malah bikin jadi semacem permainan sama salah satu temen saya(sampe SMA juga masih dimaenin)... Emang agak aneh dan bukannya nyenengin, tapi bikin bingung yang maeninnya... Jadi kalo udah mulai, cuma saya ma temen saya yang satu itu yang anteng maenan gaje ini... Hhahaaa... Biarin dah yang laen pada bingung mah...

Unknown Syndrome
Belum dapet nama yang tepat buat sindroma ini... Gejalanya, super maksa!!! Gamau kalah... Intinya, maksa!!!

Sebenernya masih banyak sindroma-sindroma laen yang emang belum saya deteksi (lupa sebenernya mah)... Sementara segitu dulu deh... Sindroma-sindroma ini gaselamanya ngerugiin koq, kadang juga baik punya salah satu sindroma itu... Hhahahaaaa... Nah, kalo yang jeleknya mah bisa dibuang aja...

Okeh, tengkyu peri mach...
Stay calm, and Keep Smile (^^.)/

Biar Kusimpan by Cappucino

Lagi suka sama lagu ini nih... Yang nyanyiinnya Cappucino, judulnya "Biar Kusimpan"... Bikin merinding disko kalo ngedengernya malem-malem tuh... Hhahahaaaaa :D


Teringat dirimu lagi
Saat ku membuka mata ini
Tak mampu tepiskan
Bayanganmu di sanubariku

Tak pernah aku sesali
Saat aku mulai jatuh cinta
Tak akan ku ingkari
Sumpah mati ‘kan selalu ada disampingmu

Dan biarlah ku simpan perasaan ini
Menutup hatiku pada cinta yang lain
Bila akhirnya ku temukan cinta sepertimu
Mungkin ku bisa lanjutkan hidupku

Tak pernah aku sesali
Saat aku mulai jatuh cinta
Tak akan ku ingkari
Sumpah mati ‘kan selalu ada disampingmu

Dan biarlah ku simpan perasaan ini
Menutup hatiku pada cinta yang lain
Bila akhirnya ku temukan cinta sepertimu
Mungkin ku bisa lanjutkan hidupku

Ya.. Khalifah
Ya…
Ya… Khalifah….

Dan biarlah ku simpan perasaan ini
Menutup hatiku pada cinta yang lain
Bila akhirnya ku temukan cinta sepertimu
Mungkin ku bisa lanjutkan hidupku

Dan biarlah ku simpan perasaan ini
Menutup hatiku pada cinta yang lain
Bila akhirnya ku temukan cinta sepertimu
Mungkin ku bisa lanjutkan hidupku

Teringat dirimu lagi..
Kalo mau download lagunya, bisa klik di link ini.

Ramadhan... Oooooh... Ramadhan...

Dug, durug, dug dug... Durug, dug dug... Durug, dug dug...
Sauuuuur!!! Saaaaaaaur!!!  Sauuuuur!!! Saaaaaaaur!!!  Sauuuuur!!! Saaaaaaaur!!! 

Ahahay... Tau ga itu suara apaan??? Hayooo...
Deuh? Masa kagak tau yg kyk gituan doang? Keciri banget nih kotaan-nya (berarti aslinya orang kampung)... Saya dong, kampungan (berarti aslinya orang kota) tapi yg kyk gitu mah so pasti tau... Hhahahaaaaa :D



Okedeh, karena kalian-kalian pada ada yang gatau, saya kasih clue dulu lah biar sedikit mikir... Kalo orang kota sih mungkin agak wajar kalo gatau yang kyk gini (eh, tapi di kota jg tetep masih ada ah)... Ini itu salah satu ritual (bukan ritual juga sih, tapi sejenis kegiatan) yang tujuan utamanya ya ngebangunin orang-orang buat makan sahur... Biasanya anak-anak muda yang atraktif, n' penuh semangat rela-relain buat bangun lebih awal dari kita-kita (yang mudanya abal-abal) so pastinya biar kita ga telat makan sahur... Nah yang saya kasih conoth di atas tuh teknik ngebangunin sahur di tempat saya... Sebenernya gajauh-jauh beda sih di temapt-tempat lain juga... Beberapa orang teriak-teriak, terus yang laen maenin alat musik... Alat musik yang dipake juga bisa macem-macem... Kalo engga kentongan, bedug kecil (alias kendang), tam-tam, alat musik dapur (macem panci, wajan, galon, dkk...), atau ada juga yang sengaja bawa-bawa tape gede plus kaset lagu-lagu dangdut yang insya alloh bikin yang lagi pada in de hoy di alam mimpi langsung goyang disko.... Hhahahaaaa, alay... :p

Udah ah, clue-nya segitu aja... Harusnya mah udah langsung ketauan dong nama kegiatannya apaan... Hayoooo... Kalo masih belum tau juga, keterlaluan lu!!! Apaan? Minta clue lagi??? Berapa huruf???

Ngek! Keenakan di elu...
Yaudahlah, daripada lama nungguin otak kalian yang loadingnya lama (kyk yg sendirinya cepet aja), saya kasih tau aja lah... Banyak nama buat kegiatan ngebangunin sahur ini... Kalo di daerah saya biasa disebut dog-dog (bukan anjing-anjing), atau juga obrog-obrog, nah kalo di daerah laen beda lagi... Tapi sayangnya saya lupa euy nama-namanya... Hhahaaaaa... Cari sendiri aja deh... :p

Eh eh eh... Oh iya, lupa... Kenapa tiba-tiba nae ngomong-ngomong soal sahur-sahur? Yaiyalah, soalnya mulai tanggal 1 Agustus kemaren, mas Hilal udah mw nongol... Itu artinya, kemaren itu udah mulai tanggal 1 Ramadhan 1432 Hijriah... Jadi, mulai kemaren nih kita-kita ummat muslimin-muslimat se-dunia dan akherat (eh, yg di akherat pada puasa juga ga sih?) nyambut satu bulan paling mulia di antara 12 bulan laen di penanggalan Hijriah... Saking mulia n' istimewanya ini bulan sampe disebut Rajanya (induk) Bulan... Gimana ga keren tuh? Hhoaaaaaah... :o

Hayoooooooo... Hari kemaren puasanya sukses ga??? Kalo saya sih bukan sombong bukan adigung apalagi takabur, tapi alhamdulillah sukses pisan euy... :D Sampe-sampe si Illusionist keren yang doyan maen Russian Roullete bilang, SEMPURNA ^^d HHahahaaaaaays...



Gimana nih, baru juga hari ke-2 (keciri suka diitungin) puasanya juga??? Udah keliatannya tuh pada lemes-lemes banget sih... Ckckckckck --" Tidur mulu sih, ah... Walopun tidurnya yang puasa itu diitung ibadah kan bukan berarti kita mesti males-malesan terus selama sebulan penuh... bangun masbro, bangun mbabro... Daripada tidur-tidur males-malesan gajelas mendingan juga kita OL (loh? sesat jangan ditiru)... Hehehehehe... Maksudnya, perbanyak ibadah... Ya Shadaqahnya, ya shalat shunnnahnya, ya tadarus Qur'annya, dan lain-lain (tumben bener)...

Sedikit nih saya bagiin tips-tips ekslusif yang biasa saya lakuin kalo Bulan Puasa dateng... Insya Allah berguna...

Yang pertama, gimana nih supaya puasa kita bisa pol dari lepas shubuh ampe ntar maghrib, ga lemes-lemes... Sedikit saya contek dari tips-tips di TV ma kata-kata ibu saya...

Kalo mw supaya puasanya galemes-lemes, apalagi letoy, kyk ikan keabisan air, mw mati gitu lah... Cekidot!!!
  1. Jangan lupa makan sahur... Biasanya ini nih yang paling bikin males... Lagi enak-enak tidur tiba-tiba mesti bangun buat makan sahur... Gaenak banget pan? Apalagi kadang kan suka ga mood kalo makan sepagi itu... Huuuh... Jangan gitu, kita perlu tenaga buat ngejalanin puasanya, ya salah satu cara ngisi tenaganya ya pake makan sahur ini... Gausah so'so'an lah... Ntar pas di tengah jalan tepar gimana??? Repot kan...
  2. Minum teh manis ataupun makan beberapa biji kurma... Ini berguna buat nambah energi... Yg manis-manis kan ngandung cadangan kalori yg lumayan... Seengganya bisa sdikit nambah tenaga selama puasa...
  3. Kalo mw supaya puasanya gakerasa... Banyakin kegiatan deh... Ya gausah yang berat-berat, misal tadarus Qur'an atau mungkin npake ngerjain tugas-tugas kuliah, maen layangan, atau ntar sore-sore tuh ngabuburit barng sohib-sohib yang laen... Pokoknya buat killing time lah... Awas, puasa jangan banyakin pacaran...
  4. Jangan banyakin tidur, apalgi habis sahur tuh... Itu malah bikin gasehat tau... Kalo mw tidur, mendingan ntar siangnya aja, satu atau dua jam aja, gausah lama-lama...

 Tips berikutnya, buat ngatasin sohib para puasaers, Bau Mulut... Hhahahahaaa... Ini mah tiap orang juga pasti ngalamin... Tapi jangan salah, bau mulut orang yang puasa Ramadhan itu menurut Allah lebih wangid aripada minyak Misik (saya pernah bandingin, wanginya jauh banget... wangian minyak misik sih kata saya mah...)... Okeh, nih saya paparin tips-tips buat ngatasin si BM ini... Monggow...
  1. Jangan makan terlalu over... ini malah bisa nambah aroma-aroma gajelas nanti pas kita lagi puasa...
  2. Minum air putih (eh, bening deng kata saya mah) pas buka ataupun sahur...
  3. Jangan makan atau minuman yang berpotensi nimbulin gas, kyk kacang, bawang dkk...
  4. Banyakin makan buah-buahan, apa ajalah yang penting ganyusahin...
  5. Nah, pas udah selesai sahur jangan lupa gosok itu gigi... Pake pasta gigi jangan lupa... Abis itu, minum air putih lagi deh barang segelas...
  6. Satu lagi nih, jangan banyakin tidur... Soalnya Kalo lagi tidur, sering adda sohib lain yang ngikut-ngikut selain itu si BM yang berpotensi nambah aroma gasedap...



Nah, segitu aja nih tips-tips dari saya... Bisa dicoba di rumah koq... Dan mudah mudahan, puasanya taun ini bisa lancar selancar-lancarnya... Sukses sampe sebulan, full... Hhahahaaaa...

Met puasa aja ya, maafin kalo ada salah-salah kata, salah salah lampah, dll... Namanya juga manusia, tempatnya khilaf n' dosa...

Okedeh, tengkyu... N' sekian....

Stay Calm, and Keep Smile eperibodih :D