Senin, 04 Juli 2011

3 Konsep tentang "Persahabatan"


What's the meaning of "friend" ???



Kalo diartiin secara bahasa Indonesia yang baik dan benar alias sesuai EYD, kurang lebih jadi "Apa arti dari teman/sahabat???"

Eh, tunggu dulu. Teman ma Sahabat itu sama ga sih??? Perasaan koq di bahasa Inggris sama aja, friend juga. Di bahasa Jepang juga, cukup pake kata tomodachi aja. Hih? Dasar orang Indonesia, ribet amat sih. Tinggal pake salah satu aja sih susah pisan ya. Emang sebenernya, Teman ma Sahabat itu beda ya??? Kalopun iya beda, terus apa bedanya coba??? Beda hurufnya sih iya, lah kalo dari segi makna ada bedanya engga???

Ya, kebanyakan orang bilang kalo antara Sahabat ma Teman itu beda banget, jauh malahan mah. Gatau deh sejauh apa. Yaudah, daripada tambah pusing mendingan saya kasih tau bedanya Sahabat ma Teman dari beberapa sumber yang insya Allah bisa dipercaya. Hush tapi jangan sampe syirik ya. Hhhahahaaaa, kidding :p

Kira-kira, butuh berapa pembanding nih buat ngeyakinin kalian soal bedanya Sahabat ma Teman???
Satu??? Tiga??? Sepuluh??? Seratus???
Ah, kebanyakan banget itu mah. Yowish, karena Allah itu menyukai yang ganjil-ganjil, gimana kalo satu aja ya??? Cukup adil kan???
Hah?? Kurang??? Ya, trus mau berapa jadinya???
Yaudah deuh, saya kasih kalian semua 3 pendapat. Tapi dari siapa ya??? Hmmmm... [ceritanya lagi mikir].
Okeh, karena saya warga negara Indonesia yang baik, taat, patuh, sadar hukum, rajin menabung, dan gakenal tuh sama yang namanya sombong, jadi saya bakal ngedepanin 3 pendapat dari orang-orang Indonesia asli [bukan keturunan]. Gatau tapi, apa kalian-kalian semua bakal kenal ma ni orang-orang. Hhhahahaaa... Soalnya, kayaknya sih gaterkenal gitu. Kalo ada yang kenal, berarti tu orang beruntung. Hhahahaaaa :D

Ah, dari tadi kidding melulu. Yu ah, saya ketengahin 3 pendapat dari 3 orang yang berbeda.
Yang pertama, saya kasih tau pengertian Sahabat ma Teman dari mbah-nya istilah kosa-kata di Indonesia. Yupz, yang pertama ada pengertian Sahabat ma Teman dari Mbah'KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)...

Mbah'KBBI ngomong gini soal Sahabat ma Teman :

sa·ha·bat n kawan; teman; handai: ia mengundang -- lamanya untuk makan bersama-sama di restoran;
-- dekat sahabat karib;
-- karib sahabat yg sangat erat (baik); teman yg akrab: dia adalah -- karib kakakku;
-- kental sahabat karib;

te·man n 1 kawan; sahabat: hanya -- dekat yg akan kuundang; 2 orang yg bersama-sama bekerja (berbuat, berjalan); lawan (bercakap-cakap): -- seperjalanan; ia -- ku bekerja; 3 yg menjadi pelengkap (pasangan) atau yg dipakai (dimakan dsb) bersama-sama: ada jenis lumut yg biasa dimakan untuk -- nasi; pisang rebus enak untuk -- minum kopi; 4 cak saya (di beberapa daerah dipakai dl bahasa sehari-hari): tiada -- menaruh syak akan dia;usahlah -- dimandi pagi, pb tidak usah kamu lebih-lebihkan (kaupuji-puji);
-- hidup orang yg dijadikan pasangan hidup (istri atau suami);
-- nasi lauk-pauk atau sayur;
-- sejawat kawan sepekerjaan;
Yang kedua, saya coppas dari sohib blogger saya nih --> http://putrifadhil.multiply.com/
Cekidot!!!

Ada satu perbedaan antara menjadi seorang kenalan/teman dan menjadi seorang sahabat. Pertama, seorang kenalan adalah seorang yang namanya kita ketahui, yang kita lihat berkali-kali, yang dengannya mungkin kita miliki persamaan, dan yang disekitarnya kita merasa nyaman.

Sebaliknya, seorang sahabat adalah seseorang yang kita cintai.. Bukan karena kita jatuh cinta padanya, namun kita peduli akan orang itu, dan kita memikirkannya ketika mereka tidak ada.
Sahabat-sahabat adalah orang dimana kita diingatkan ketika kita melihat sesuatu yang mungkin mereka sukai, dan kita tahu itu karena kita mengenal mereka dengan baik.
Mereka adalah orang-orang yang fotonya kita miliki dan wajahnya selalu ada di kepala kita.

Nah, buat pendapat yang ketiga, saya coppas sendiri dari otak saya. Yaiyalah, ini nih yang sebenernya saya jadiin pokok pembicaraan di postingan ini. Saya punya 3 Konsep tentang yang namanya "Persahabatan". Apa aja 3 hal itu??? Yang jelas, kalo saya liat dari 2 pendapat sebelumnya pendapat saya ini agak menyimpang. Ya kalo bahasa kasarnya sih beda pisan, masbro. Biarin aja lah beda juga, yang namanya pendapat kan emang beda-beda. Kalo sama namanya bukan pendapat, tapi kesepakatan. Hhahahahaaaaa <-- Ngeles... :p

Okeh, saya jabarin deh 3 konsep itu. Siap-siap aja buat ngeritik abis-abisan ni 3 hal. Saya siap jawab satu-satu koq. Asal nanyanya gapake nodong pisau aja ya :p

Ketiga konsep itu, adalah [background musik buat pengumuman juara] :


  1. Sahabat adalah semua orang yang ada di sekelilingmu, tidak terkecuali. Mau yang disukai setengah idup, atau dibenci seperempat mati, itu semua Sahabat. Nah kalo Teman itu Sahabat juga, cuma dia belum pernah liat tampang kamu, atau istilah kerennya mah belum kenal lah. [pasti bagian ini yang bakal mengundang banyak kontroversi, beuh...]
  2. Sahabat yang Baik adalah dia [mereka juga bisa] yang mempu berkata benar, bukan hanya membenarkan kata-kata. [dulu ane dapet konsep ini dari mana ya??? Lupa]
  3. Ga ada yang namanya Sahabat Sejati, yang ada hanyalah Kepentingan. [ini lebih kontroversial lagi]

Tuh kan, baru dari 2 pendapat aja [yang ketiga gausah dianggep] udah beda-beda. Yang satu bilang Sahabat itu ini, Sahabat  itu apalah. Banyak banget pendapatnya, n' bakalan bikin kalian-kalian yang labil malah tambah labil. Hhahahaaaa :D
Yaudah deh, daripada tambah labil mendingan mulai sekarang kalian rumusin sendiri deh apasih arti dua kata yang dari tadi kita omongin ini. Kalo belum bisa ngerumusin sendiri, ya coppas-coppas dikit dari orang mah boleh lah... Hhahahahahaaaa <-- penggagas plagiat...

Jadi intinya, udah cukup jelas ga nih mengenai konsep-konsep yang saya paparin di atas??? Kalo ga, ya tinggal tanyain aja.
Komen-nya ditunggu banget, bray-sis :D
Sok, mau maki-maki saya juga gapapa, sebelum saya kasih warning Dilarang Maki-maki Admin!!!

Okeh, sebelumnya tengkyu udah mau baca posting gajelas ini... Keep Smile, and Stay Calm :D